Beberapa Penyebab Perut Buncit Pada Wanita Yang Perlu Anda Ketahui

Beberapa Penyebab Perut Buncit Pada Wanita Yang Perlu Anda Ketahui

Informasi Terkini – 1. Menimbunnya Lemak Visceral

Lemak Visceral adalah istilah medis dari lemak jahat yang menumpuk di daerah perut. Lemak ini biasanya tertimbun di bawah otot dan mengelilingi organ vital tubuh. Hati memiliki peran untuk mengubah lemak visceral menjadi kolesterol darah, sehingga jika jumlah lemak visceral tinggi maka koleterol dalam darah akan ikut meninggkat. Hal ini lah yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Penimbunan lemak visceral pada perut ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor yaitu genetik, terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi kandungan lemak jenuh hingga faktor stres.

2. Banyaknya jumlah Bakteri Firmicutes

Menurut penelitian di dalam usus manusia terdapat ribuan bakteri yang terdiri dari bakteri yang memiliki manfaat untuk kesehatan maupun bakteri yang merugikan. Salah satu jenis bakteri yang ada pada usus manusia dan merugikan untuk kesehatan adalah bakteri firmicutes. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bakteri dengan jenis ini bisa meningkatkan jumlah kalori yang diserap tubuh dari makanan yang dikonsumsi. Tentunya hal ini dapat meningkatkan produksi lemak di perut yang akhirnya membuat perut buncit.

3. Stres

Ada beberapa wanita yang kehilangan nafsu makan saat mengalami stres, tetapi banyak juga wanita yang cenderung banyak mengonsumsi makan-makanan manis saat sedang merasa stres. Mengapa demikian? Menurut seorang nutrisionis dari Lagizi, Jansen Ongko, MSc, RD ketika mengalami stres, kebanyakan orang mencari makanan yang rasanya manis karena dapat meningkatkan produksi hormon serotinin dalam tubuh. Hormon serotonin sendiri merupakan hormon yang dapat meningkatkan rasa nyaman sehingga stres pun bisa menurun. Tapi efek negatifnya, kebanyakan makanan manis biasanya mengandung kalori yang tinggi, dan hal ini bisa menyebabkan perut menjadi buncit. Duh!

4. Menopause

Penyebab perut buncit pada wanita juga bisa disebabkan oleh faktor menopause. Pasalnya dalam beberapa kasus, para wanita akan mengalami kenaikan jumlah lemak pada perut saat berada pada fase menopause. Saat memasuki fase menopause, kadar estrogen pada tubuh akan menjadi turun secara drastis, sehingga menyebabkan perubahan penyimpanan lemak di dalam tubuh wanita. Lemak menjadi lebih banyak disimpan di dalam perut, daripada di pinggul dan paha yang kemudian menyebabkan terjadinya perut buncit pada wanita.

5. Postur Tubuh yang Bungkuk

Penyebab yang terakhir dan mungkin tidak pernah kita duga sebelumnya adalah penyebab dari postur tubuh yang bungkuk. Cobalah Anda melihat tubuh di kaca, saat Anda berdiri dengan posisi yang bungkuk maka perut Anda akan terlihat lebih besar, namun ketika Anda berdiri dengan posisi tegak maka perut akan terlihat lebih kecil. Hal ini dikarenakan saat kita berdiri maupun duduk dengan posisi tegak maka otot-otot pada bagian perut akan tertarik ke atas, yang membuat perut akan jadi nampak lebih kecil.