Beberapa Rekomendasi Wisata Di Papua Selain Raja Ampat Yang Menarik Untuk Dijelajahi

Beberapa Rekomendasi Wisata Di Papua Selain Raja Ampat Yang Menarik Untuk Dijelajahi

Informasi Terkini – 1. Lembah Baliem, Wamena

Menuju ke Lembah Baliem termasuk mudah karena tempat ini berjarak sekitar 27 km dari Wamena. Di Lembah Baliem, Anda bisa bertemu dengan suku asli, yakni suku Dani, Yali dan Lani. Lokasinya yang berada di Pegunungan Jaya Wijaya, tentu membuat tempat ini terasa cukup sejuk. Setiap bulan Agustus menjelang Hari Kemerdekaan Indonesia, biasanya diadakan festival Lembah Baliem. Sebagai lambang kesejahteraan dan kesuburan, festival ini menampilkan acara perang antara 3 suku asli di Lembah Baliem. Festival ini pun menjadi daya tarik para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk melihat perang suku secara dekat dan tentunya aman untuk disaksikan para pengunjung. Jika beruntung, Anda juga bisa melihat perayaan bakar batu, yaitu perayaan adat yang ditunjukkan untuk merayakan pernikahan, kelahiran ataupun syukuran.

2. Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Manokwari

Taman Nasional Teluk Cendrawasih dianggap sebagai surga tersembunyi di Papua. Pasalnya, keindahan alam bawah lautnya termasuk dalam terumbu karang terbaik. Terdapat sekitar 900 spesies ikan karang, 500 jenis spesies terumbu karang yang 14 jenis di antaranya merupakan spesies terbaru.

Yang menjadi daya tarik tempat ini adalah Anda bisa berenang bersama hiu paus atau biasa disebut Whaleshark. Hiu paus ini tergolong ke dalam hewan besar mengingat ukuran tubuhnya yang berukuran 18 meter lebih. Selain berenang bersama hewan, ada juga destinasi wisata lain yang bisa Anda kunjungi, seperti goa alam,serta sumber air panas yang mengandung belerang Bagaimana, siap untuk mengeksplor taman nasional ini?

3. Danau Sentani, Jayapura

Anda masih ingat serial televisi anak-anak berjudul Teletubbies? Jika iya, Anda tentu tak asing dengan bukit yang biasa menjadi tempat main karakter dalam serial tersebut. Nah, di sekitar Danau Sentani ini terdapat bukit yang hampir mirip dengan bukit Teletubbies, lho. Bukit ini berada tepat di sekitaran Danau Sentani di mana Anda dapat menikmati hamparan rumput nan hijau.

Jangan lupa untuk berkeliling menikmati luasnya Danau Sentani dengan perahu yang dapat Anda sewa dari penduduk sekitar. Selain perbukitan yang segar dipandang mata, Jika berwisata ke wilayah ini pada pertengahan tahun, Anda juga berkesempatan mengunjungi Festival Danau Sentani yang biasanya diadakan pada bulan Juni.

4. Pantai Bosnik, Biak

Jika Anda masih ingat pelajaran sejarah, Biak termasuk wilayah yang diperebutkan dalam Perang Dunia II, yang menjadikan tempat ini memiliki banyak kisah dan bukti fisik peninggalan perang yang dapat Anda saksikan langsung. Dan membicarakan Biak, kurang pas jika tidak membahas pantai yang ada di sana, yaitu Pantai Bosnik, yang terletak di Biak, Papua Barat. Pantai ini menyuguhkan pemandangan indah dengan terumbu karang nan eksotis. Di sana Anda dapat menikmati keindahan pantai sembari berjemur, berenang atau snorkeling.

5. Markas Avengers, Merauke

Ingat lagu dari Sabang sampai Merauke? Jangan hanya menyanyikannya, karena kalau ke Papua Anda juga harus mengunjungi kabupaten paling timur di Indonesia ini. Di sini Anda dapat mengunjungi monumen yang dikenal dengan nama Markas Avenger. Nama tersebut disematkan pada monumen ini karena bentuknya yang menyerupai markas superhero dari Marvel Comics. Monumen Kapsul Waktu ini berisi impian masyarakat Indonesia dari 2015 hingga 2085. Terdapat sekitar tujuh impian yang akan dibuka pada tahun 2085 atau sekitar 70 tahun mendatang. Dari total luas monumen, terdapat pula alun-alun yang menjadi ruang terbuka untuk publik dan lokasi wisata.