Beberapa Tanda Bahwa Anda Benar-Benar Sudah Kecanduan Belanja!

Beberapa Tanda Bahwa Anda Benar-Benar Sudah Kecanduan Belanja!

Informasi Terkini – Berbelanja memang merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan, apalagi jika sedang ada banyak diskon besar-besaran. Rasanya seperti ingin membeli semua barang, kan? Sayangnya, punya kebiasaan belanja secara berlebihan bisa membawa dampak buruk bagi diri sendiri. Coba baca lima hal berikut! Jika pernah merasakan salah satu di antaranya, itu tandanya Anda perlu segera membatasi kebiasaan berbelanja sebelum kondisi finasial jadi berantakan!

1. Menggunakan alokasi uang untuk memuaskan hasrat belanja

Bagi mereka yang memiliki masalah dalam membelanjakan uang, keinginan untuk berbelanja bisa saja muncul secara tiba-tiba. Dan saat momen itu datang, banyak dari mereka yang tidak memikirkan situasi finansial lebih dulu. Dorongan untuk berbelanja yang begitu besar rupanya dapat membuat seseorang yang sedang tidak punya dana untuk berbelanja jadi menggunakan alokasi uangnya yang lain, misal menggunakan alokasi dana untuk transportasi sehari-hari sebagai uang belanja. Hal ini tentunya dapat menimbulkan masalah karena tidak mampu me-manajemen uang dengan baik dapat merugikan diri kita sendiri kedepannya.

2. Merasa Lebih Baik Setelah Berbelanja

Bagi sebagian orang, merasa bahagia dan lega setelah berbelanja juga dapat menimbulkan rasa ketagihan yang berlanjut. Selain itu, tak sedikit pula yang menjadikan belanja sebagai opsi utama saat sedang merasa sedih atau marah. Nah, jika hal tersebut seringkali dilakukan, maka jangan heran jika sisi finansial Anda akan jadi tidak terkendali. Jika sudah demikian, tanpa disadari Anda pun akan selalu merasa lebih baik secara emosional setelah menghabiskan uang untuk berbelanja. Waspada, efek adiktif seperti ini hanya akan membuat Anda merasa terganggu jika tidak segera berbelanja untuk memperbaiki emosi dan mood.

3. Selalu punya alasan untuk berbelanja

Selain untuk mengubah mood agar lebih baik, mereka yang memiliki masalah dalam manajemen uang juga selalu bisa menemukan 1001 alasan untuk menghabiskan uang. Sebagai contoh, menggunakan alasan reward bagi diri sendiri karena sudah bekerja keras di minggu ini atau merasa perlu memiliki baju baru karena menganggap tidak punya baju yang layak untuk dipakai. Nah, jika sering berbelanja dengan alasan-alasan seperti ini, berhati-hatilah karena cara menghabiskan uang tersebut dapat membahayakan segi finansial Anda.

4. Menyalahgunakan kartu kredit

Punya kartu kredit memang dapat memudahkan kehidupan finansial. Namun, jika tidak bijak dalam menggunakannya, Anda hanya akan terjebak pada lubang utang yang besar. Kalau terlalu sering menggunakan kartu kredit untuk belanja hal yang sebenarnya tidak dibutuhkan, lama kelamaan Anda pun akan sampai pada limit pembelanjaan. Ketika saat itu tiba, mereka yang punya masalah dengan cara menghabiskan uang biasanya akan menambah kartu kredit atau meningkatkan batas pengeluaran maksimal kartu kredit. Alih-alih menyelesaikan masalah, pilihan seperti ini justru bisa mendorong Anda untuk menggali lubang utang semakin dalam.

5. Kurang bisa mengingat barang yang sudah dimiliki

Mereka yang ketagihan berbelanja seringkali kehabisan tempat untuk meletakkan barang belanjaan karena banyaknya barang yang menumpuk dan belum sempat digunakan. Selain itu, mereka juga kerap kali lupa dengan barang-barang yang sudah dimiliki, sehingga tak jarang ada saja satu atau dua barang yang serupa, atau bahkan sama persis. Jika Anda merasa sering mengalami hal seperti tersebut, segeralah menyortir barang-barang belanjaan Anda dan mulai kurangi kebiasaan buruk tersebut.