Beberapa Tips Jika Ingin Tetap Akur Dengan Mertua

Beberapa Tips Jika Ingin Tetap Akur Dengan Mertua

Informasi Terkini – Siapa sih yang tidak ingin memiliki mertua penyayang dan pengertian? Sayangnya tak semua mertua cocok dengan menantunya. Sebagai menantu, sudah seharusnya menghormati dan bersikap baik kepada mertua. Namun bagaimana kalau mempunyai mertua yang cukup sulit untuk dipuaskan? Perlukah dikonfrontasi? Jangan risau, karena dengan tips berikut ini, hubungan Anda dan mertua bisa semakin akur.

1. Manfaatkan momen bertemu sebaik mungkin

Tak kenal maka tak sayang. Ungkapan ini memang benar adanya. Semakin sering bertemu, semakin tumbuh juga benih-benih rasa suka, termasuk antara Anda dengan mertua. Sesulit apapun mertua Anda, kunjungilah mereka secara rutin, dan manfaatkan momen ini dengan melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan.

Apapun perbedaan yang mungkin dimiliki Anda berdua, tentu ada satu kesamaan yang bisa menyatukannya. Atau Anda juga bisa menjaga hubungan baik dengan mengetahui hal apa yang disukai mertua. Jika sudah mengetahuinya, jangan ragu untuk mengagendakan kegiatan tersebut. Misal jika mertua menyukai kegiatan berkebun, Anda bisa merencanakan kegiatan membeli tanaman dan menghabiskan waktu berkebun bersama. Atau semudah berbelanja dan menikmati spa di salon kecantikan.

2. Persiapkan diri dengan pikiran dan perasaan positif

Walaupun mertua mungkin terlihat tidak menyukai Anda, cobalah untuk tetap bersikap positif. Sebelum bertemu, persiapkan diri Anda dengan pikiran dan perasaan yang tenang dan bersahabat. Kalau tidak bisa juga, setidaknya berpura-puralah. Jika Anda pergi dengan sikap marah, defensif, atau curiga, hal itu justru akan semakin memancing emosi negatif Anda dan mertua.

3. Ikuti aturan mertua selama tidak terlalu bertentangan dengan prinsip Anda

Tentu saja Anda harus tegas dengan prinsip hidup yang dipercayai. Bahkan bila perlu, tunjukkan nilai-nilai tersebut melalui ucapan atau tindakan tanpa menyakiti orang lain. Namun bukan berarti Anda tidak bisa berkompromi dengan kebiasaan atau aturan mertua. Misalnya saja, biarkan mertua sesekali ikut terlibat dalam urusan buah hati Anda dengan caranya. Seperti memanjakan anak-anak dengan makanan cepat saji, dan lain-lain. Beri sedikit kelonggaran agar mertua bisa ikut merasakan karena diberi kesempatan untuk dekat dengan cucu-cucunya.

4. Hormati apa saja yang menjadi prioritas mertua

Anda dan mertua pastilah memiliki prioritas yang berbeda. Mungkin mertua ingin dikunjungi oleh Anda dan keluarga setiap akhir minggu, walau sekadar untuk makan siang atau makan lama bersama. Sedangkan Anda lebih ingin menghabiskan waktu dengan quality time bersama anak-anak dan pasangan. Mengabaikan keinginan mertua untuk selalu bertemu bisa jadi terasa lebih mudah, tapi cobalah untuk menghargai hal-hal yang dianggapnya penting.

5. Fokus pada kebaikannya

Sesulit apapun mertua Anda, pasti ada kebaikan-kebaikan yang bisa ditemukan, walaupun kebaikan tersebut mungkin tidak langsung berhubungan dengan Anda. Intinya, carilah cara agar Anda bisa bersyukur akan kehadiran mertua. Karena bagaimanapun mertua adalah orang tua dari pria yang Anda cintai.