Beberapa Tips Mempersiapkan Keuangan Dalam Menyambut Si Kecil Bagi Pasangan Muda

Beberapa Tips Mempersiapkan Keuangan Dalam Menyambut Si Kecil Bagi Pasangan Muda

Informasi Terkini – 1. Buat tabungan untuk anak

Jangan menunda untuk membuat tabungan bagi keperluan anak meskipun Anda dan pasangan baru saja menikmati bulan madu. Anda bisa memulainya dengan tabungan yang dipersiapkan untuk kehamilan pertama. Tabungan ini nantinya bisa digunakan untuk biaya kontrol ke dokter kandungan setiap bulannya, biaya persalinan, hingga membeli berbagai macam perlengkapan bayi. Namun, jangan berhenti menyisihkan uang untuk tabungan ini meskipun si kecil sudah lahir, karena Anda masih akan terus membutuhkan tabungan tersebut untuk berbagai keperluan bayi hingga menjadi tabungan pendidikan.

2. Siapkan asuransi kesehatan

Jika merasa BPJS tidak cukup sebagai salah satu cara meringankan beban biaya berobat bagi si kecil, Anda juga bisa memilih asuransi kesehatan untuk perlindungan yang lebih maksimal. Anda juga bisa mendaftarkan buah hati, walau ia belum lahir untuk mengantisipasi kemungkinan komplikasi pada bayi usai dilahirkan yang memerlukan penanganan medis lebih lanjut.

Dalam menentukan perusahaan asuransi yang tepat jangan ragu untuk melakukan riset dengan mendalami berbagai jenis perusahaan dan sesuaikan kemampuan Anda dengan premi serta pastikan untuk memilih perusahaan asuransi yang memiliki polis fleksibel, sehingga tidak menyulitkan Anda di kemudian hari saat ingin mengambil, bahkan sebelum masa periode.

3. Rencanakan membeli baju bayi secara bertahap

Bagi calon ibu baru, Anda pasti ingin segera membeli segala macam keperluan bayi sebanyak-banyaknya, terutama pakaian dan aksesorisnya. Namun Anda perlu tahu bahwa banyak dari baju-baju ataupun pernak-pernik yang dibeli tersebut ternyata tidak begitu berguna. Ingat, bayi cepat sekali tumbuh, kalau ingin membeli sepatu, jaket, dan barang lainnya yang akan digunakan dalam waktu lama, pilihlah dengan ukuran lebih besar. Pilih juga warna-warna dan motif-motif yang bersifat unisex, sehingga bisa dipakai untuk anak kedua dan seterusnya.

5. Manfaatkan diskon dan pertimbangkan sewa

Pasangan baru biasanya akan cukup terkejut dengan besarnya biaya yang sudah dikeluarkan hanya untuk membeli perlengkapan bayi saja. Oleh karena itu, manfaatkan diskon ketika membeli stroller, baju bayi, hingga popok. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menyewa kalau dirasa tidak akan membutuhkan benda tersebut dalam waktu lama. Perlengkapan seperti box bayi, stroller, bahkan mainan sudah bisa disewa melalui berbagai website bahkan market place.