Beberapa Tips Menghadapi Wawancara Kerja Bagi Anda Yang Memilih Untuk Berpindah Karier

Beberapa Tips Menghadapi Wawancara Kerja Bagi Anda Yang Memilih Untuk Berpindah Karier

Informasi Terkini – 1. Persiapkan Jawaban Saat Ditanya Alasan Mengapa Memilih untuk Pindah Karier

Setiap kali melamar pekerjaan, tentunya Anda harus melalui tahapan sesi wawancara terlebih dahulu. Sebelum masuk dalam sesi wawancara, sebaiknya Anda sudah mempersiapkan jawaban-jawaban yang diplomatis untuk setiap pertanyaan, termasuk pertanyaan yang pasti diajukan, yaitu mengapa Anda memilih untuk pindah karier.

Anda perlu mempersiapkan jawaban yang meyakinkan pewawancara jika keputusan ini merupakan hal yang tepat bagi perkembangan kemampuan dan karier Anda ke depannya. Persiapkan alasan yang logis dan visioner agar pewawancara bisa memahami dan tetap melihat potensi besar dalam diri Anda. Hal ini penting untuk dipersiapkan karena umumnya sebuah perusahaan lebih menyukai kandidat pegawai yang memiliki kemungkinan bertahan untuk bekerja dalam jangka waktu yang lama.

2. Kelebihan Skill dari Pekerjaan Sebelumnya untuk Menunjang Pekerjaan di Tempat yang Baru

Tidak menutup kemungkinan jika karier Anda di perusahaan sebelumnya bisa memberikan keuntungan pada karier yang baru. Baik itu berupa jaringan koneksi atau pengetahuan-pengetahuan yang dulu Anda dapatkan dan bisa membantu memajukan perusahaan. Tentunya memiliki koneksi dan juga pengalaman yang bisa menunjang kemajuan perusahaan menjadi sebuah nilai tambah bagi mereka untuk mempekerjakan Anda. Tak hanya itu, Anda juga perlu menjelaskan skill yang dimiliki beserta contoh-contoh konkritnya untuk menunjang performa kerja Anda pada karier baru.

3. Tunjukkan Jika Anda Bisa dengan Mudah Beradaptasi

Sebuah perusahaan tentu tidak akan mempertimbangkan kandidat yang memiliki kecenderungan untuk beradaptasi dengan lingkungan dan juga manejemen perusahaan. Karenanya Anda perlu meyakinkan pihak perusahaan jika Anda memiliki kemampuan beradaptasi yang baik dengan lingkungan baru, walaupun mungkin pada prosesnya ada satu dua hal yang tidak sesuai dengan diri Anda. Namun yakinkan jika Anda selalu memiliki cara terbaik untuk berbaur dan menyesuaikan diri dengan situasi tersebut.

4. Jangan Lupa untuk Terus Memperkaya Portofolio

Sebuah perusahaan akan mempertanyakan kemampuan calon karyawan yang melamar pada posisi yang berbeda dengan profesi mereka sebelumnya. Di sini Anda perlu menunjukkan jika pekerjaan baru ini adalah pengalaman baru, namun Anda sudah memiliki dasar keahlian. Untuk menyakinkan perusahaan, umumnya banyak orang mengandalkan portofolio sebagai bukti konkrit kemampuan mereka. Nah bagi Anda yang ingin beralih profesi pada bidang desain maupun jurnalistik, ada baiknya untuk selalu mengumpulkan hasil karya Anda, dan tampilkan dalam bentuk yang menarik dan tak biasa. Baik dibuat dalam bentuk website maupun kumpulan file fisik dengan tampilan unik.

5. Jangan Mengatakan Keburukan Tentang Perusahaan Lama

Yang terakhir dan tak kalah penting adalah bagaimana sikap Anda dalam menjelasakan tentang perusahaan lama dan alasan Anda resign hingga akhirnya memilih untuk beralih profesi. Hindari untuk menyampaikan hal-hal negatif tentang perusahaan maupun atasan Anda. Karena hal ini tidak akan membuat calon perusahaan baru tertarik dan menilai Anda sebagai orang yang jujur dan tau apa yang diinginkan, tapi justru akan jadi nilai minus karena Anda dianggap sebagai orang yang mudah membeberkan sisi negatif perusahaan dan khawatir Anda melakukan hal serupa di masa depan.