Beberapa Tips Menjaga Pola Makan Seimbang Agar Tetap Cantik Dan Ceria Untuk Anda

Beberapa Tips Menjaga Pola Makan Seimbang Agar Tetap Cantik Dan Ceria Untuk Anda

Informasi Terkini – Sebagai wanita aktif, terkadang rasanya sulit ya untuk terhindar dari stres dan menjaga mood tetap ceria, apalagi kalau sudah semakin dekat dengan jadwal deadline pekerjaan. Banyak juga yang jadi mengabaikan pola makan seimbang ketika jadwal sedang sangat padat. Padahal pola makan seimbang sangat penting sekali lho. Tak hanya untuk memberikan energi atau menjaga berat badan tetap ideal, tapi juga untuk memperbaiki mood dan memastikan fungsi biologis wanita tetap berjalan dengan baik. Nah, agar mood tetap oke dan Anda selalu tampil cantik meski sedang sibuk dengan berbagai urusan, coba deh jalankan 5 tips mudah berikut ini.

1. Sarapan Itu Penting

Menurut ahli gizi Alex Thompson, memulai pagi dengan melewatkan sarapan bisa membuat tingkat gula darah Anda menurun dengan drastis, memperlambat metabolisme tubuh, juga menurunkan mood, energi, dan konsentrasi. Sebaiknya Anda selalu sarapan dengan menu yang mengandung karbohidrat kompleks ditambah dengan protein agar selalu berenergi sepanjang hari. Misalnya nih, Anda bisa sarapan dengan menu roti gandum lapis dengan isi telur, selada, dan tomat.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Hayo, apa Anda juga sering lupa minum kalau sedang sibuk? Sebaiknya mulai sekarang perhatikan asupan cairan harian Anda. Tak hanya memengaruhi fokus dan energi, kondisi dehidrasi juga bisa berpengaruh terhadap mood dan kulit Anda. Sempatkan untuk minum segelas air putih setiap jamnya ya, terutama jika aktivitas Anda sedang sangat padat dan cuaca terasa panas. Tak mau kan kalau Anda jadi senewen selama bekerja dan kulit terlihat kering serta bersisik hanya karena kehausan?

3. Seimbangkan Makanan Di Piring

Kalau saatnya makan siang, Anda harus lebih berhati-hati. Jangan sampai kebablasan! Saat mengambil makanan, pastikan isi sepertiga piring Anda diisi dengan karbohidrat, sepertiga lagi untuk sayuran dan buah, dan sepertiga sisanya bisa diisi dengan daging, ikan, atau produk olahan susu. Gizi yang seimbang akan membuat tubuh jadi lebih tahan banting dan wajah tetap terlihat segar. Plus, Anda tetap kenyang!

4. Pilih Camilan Sehat

Sibuk beraktivitas memang menghabiskan banyak energi. Itulah alasan Anda terkadang merasa lapar meski belum memasuki jam makan. Biasanya nih, waktu-waktu ‘gawat’ yang mendorong Anda ngemil adalah sekitar jam 3 atau jam 4 sore. Betul tidak? Daripada berakhir dengan camilan yang tak jelas dan mungkin akan membuat Anda mengantuk, coba pilih camilan yang sehat. Agar energi tetap terjaga, ganti camilan kemasan Anda dengan buah-buahan, sayuran, atau biskuit dan selai kacang.

5. Pertimbangkan Untuk Menambah Konsumsi Magnesium

Menurut ahli gizi Nina Omotoso asal Inggris, magnesium adalah kandungan yang penting sekali untuk membuat tubuh rileks dan bisa cepat beradaptasi dengan gaya hidup yang sibuk. Kandungan yang penting banget untuk Anda kan? Untuk itu, sebaiknya tambahkan bahan makanan yang mengandung magnesium seperti biji wijen, almond, atau bayam dalam menu sarapan atau makan siang Anda.