Beberapa Tips Sukses Menjalani Pekerjaan Tetap Dan Sampingan

Beberapa Tips Sukses Menjalani Pekerjaan Tetap Dan Sampingan

Informasi Terkini – 1. Cek kontrak kerja permanen Anda

Terkadang beberapa pekerjaaan memberikan kontrak kerja yang jelas kepada karyawannya untuk tidak menerima pekerjaan sampingan. Apalagi kalau pekerjaan sampingan Anda adalah perusahaan pesaing dari pekerjaan permanen. Sebaiknya tetap utamakan aturan yang berlaku di perusahaan tetap, jika tidak memungkinkan bagi Anda untuk memiliki pekerjaan sampingan, pilih usaha lain yang bisa dilakukan hanya saat akhir pekan.

2. Menggunakan fasilitas perusahaan untuk mengerjakan pekerjaan sampingan

Meski sepele, tapi kebiasaan satu ini bisa saja mematikan karier Anda. Hindari keinginan untuk menggunakan fasilitas perusahaan demi mengerjakan pekerjaan sampingan Anda. Seperti menggunakan telepon kantor untuk menghubungi klien atau mencetak berbagai dokumen kerja yang lain. Meski Anda bisa menghemat pengeluaran, tetapi kredibilitas Anda di tempat kerja bisa terganggu jika karyawan lain atau bahkan atasan mengetahui hal ini.

3. Terlalu membanggakan pekerjaan sampingan

Membanggakan pencapaian karena memiliki pekerjaan paruh waktu yang membuat proyek besar, memang sah-sah saja, tapi ada baiknya Anda tidak terlalu memperlihatkan hal ini. Karena jika suatu waktu performa Anda di pekerjaan tetap menurun atau tidak mampu mencapai target, pekerjaan sampingan akan menjadi ‘kambing hitam’ dan tidak menutup kemungkinan atasan maupun perusahaan akan mempertanyakan mana prioritas pekerjaan Anda.

4. Pilih pekerjaan sampingan yang mendukung performa di pekerjaan permanen

Anda akan mendapatkan nilai plus dari perusahaan dan rekan kerja jika menampilkan kemampuan yang maksimal di pekerjaan tetap, dan pekerjaan sampingan mampu mengakomodir kemampuan yang Anda miliki tersebut. Coba pilih pekerjaan sampingan yang juga bisa menjadi ajang mengasah kemampuan Anda di tempat kerja. Dengan memilih jenis pekerjaan sampingan yang bisa menunjang pekerjaan tetap, Anda tidak hanya menambah penghasilan tapi juga ikut belajar dan menambah wawasan.

5. Tetap fokus di pekerjaan permanen Anda

Jangan ambil pekerjaan sampingan yang bisa mengganggu pekerjaan tetap Anda, karena bagaimanapun juga, pekerjaan tetap adalah fokus utama. Jika tawaran yang muncul cukup menggiurkan tetapi Anda kurang yakin bisa mengerjakannya tanpa mengorbankan pekerjaan tetap, sebaiknya urungkan kembali niat tersebut. Sikap profesional merupakan hal utama dan harus dimiliki oleh Anda dalam menerima setiap pekerjaan.