Begini Perawatan Dasar Atasi Bruntusan Di Wajah

Begini Perawatan Dasar Atasi Bruntusan Di Wajah

Informasi Terkini – Bruntusan menjadi masalah kulit yang sering terjadi pada banyak orang. Penyebabnya pun beragam, mulai dari perubahan hormon, stres, produksi keringat berlebih hingga komedo. Tetapi, komedo, sel kulit mati, dan kotoran yang terperangkap dalam pori-pori yang sering menyebabkan masalah bruntusan ini.
Sebenarnya, bruntusan bukan istilah medis. Bruntusan ini juga berbeda dengan jerawat. Bruntusan ini lebih menggambarkan kondisi kulit yang tidak merata dan kasar. Bentuk dari bruntusan ini seperti bintik-bintik kecil yang menonjol pada kulit.
Bukan hanya di wajah saja, bruntusan bisa muncul di bagian tubuh lain yang masih tertutupi kulit. Munculnya bruntusan bisa hanya pada 1 atau 2 titik saja, tetapi juga bisa bergerombol atau berkelompok pada bagian kulit tertentu.
Namun, bagaimana cara mengatasi bruntusan yang tepat sesuai saran dokter? Berikut ini bisa menjadi perawatan dasar saat kulit bruntusan.
1. Rutin membersihkan wajah
Membersihkan wajah setidaknya 2 kali sehari dapat membantu menghilangkan bruntusan di wajah. Anda bisa menggunakan sbun muka sesuai dengan jenis dan kondisi kulit Anda.
Jika dibutuhkan, Anda juga bisa menerapkan double cleansing untuk memastikan kulit wajah Anda sudah terbebas dari kotoran yang menempel. Anda bisa melakukannya dengan membersihkan wajah dari make up terlebih dahulu dengan menggunakan make up remover, kemudian bersihkan dengan sabun muka yang biasa Anda gunakan.
Pastikan selalu membersihkan wajah hingga bersih dan tidak ada sisa make up yang tertinggal, agar tidak memunculkan komedo dan menyebabkan bruntusan.
2. Pakai pelembap
Setelah membersihkan wajah, yang Anda lakukan selanjutnya adalah memakai pelembap wajah. Pelembap sangat diperlukan setiap orang, terlepas dari kondisi kulit yang dialaminya. Untuk lebih baik, Anda bisa menggunakan toner dan serum sebelum memakai pelembap.
3. Oleskan sunscreen
Paparan sinar ultraviolet dari matahari bisa menyebabkan masalah pada kulit, salah satunya bruntusan. Untuk melindunginya, Anda perlu mengoleskan sunscreen pada kulit wajah. Pastikan untuk tidak melewatkan bagian mana pun.
4. Eksfoliasi
Eksfoliasi merupakan prosedur yang dapat menghilangkan sel-sel kulit mati di kulit agar tidak menumpuk dan menyebabkan komedo. Anda bisa melakukan eksfoliasi dengan produk-produk yang sesuai kondisi kulit wajah dan gunakan secara berkala, seperti seminggu sekali.