Belum Ada Surat Izin, Gubernur Persilahkan Periksa Bupati Ngada

Kupang – Frans Lebu Raya yang merupakan Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) belum juga memberikan pemeriksaan kepada Bupati Ngada Marianus Sae. Karena Kepolisian setempat juga belum meminta izin pada Gubernur NTT, yang terkait dengan pemeriksaan kasus blokade di Bandara Turelelo, Soa. Yang diduga Bupati Marianus yang telah memerintahkan pemblokiran fasilitas umum itu. Gubernur NTT Frans Lebu Raya juga mengatakan kalau dirinya juga belum menerima surat permohonan izin pemeriksaan dari kepolisian.

Walau belum ada surat izin itu, tetapi menurut dari Frans, dia pun sudah mempersilakan kepolisian supaya memproses hukum dari Bupati Ngada sesuai dengan aturan. Dia juga mengaku sudah memberikan teguran yang keras kepada Marianus supaya dia tidak mengulangi perbuatannya.

Dia juga menekankan pada seluruh pejabat publik dari daerah tersebut supaya kasus penutupan bandara oleh Bupati Ngada yang menjadi pelajaran serius untuk para pejabat daerah. Ini bisa menjadi pembelajaran untuk para pejabat publik dan maskapai penerbangan.

Marianus Sae yang merupakan Bupati Ngada telah memerintahkan kepada petugas Satuan Polisi Pamong Praja supaya memblokade Bandara Turelelo, Soa karena kesal dia tidak mendapat tiket Merpati.

Polres Ngada ataupun Polda NTT yang memang belum memberikan tanda-tanda untuk memeriksa Marianus. Padahal, dari Kepala Kepolisian Jenderal Sutarman telah mempersilakan kepolisian setempat untuk mengorek keterangan Bupati Ngada. Sutarman pun juga sudah mengatakan “Proses saja”.