Benarkah Brown Sugar Lebih Sehat Dibandingkan Dengan Gula Putih Biasa?

Benarkah Brown Sugar Lebih Sehat Dibandingkan Dengan Gula Putih Biasa?

Informasi Terkini – Siapa sih yang tidak suka makanan manis? Nah, kebanyakan makanan manis biasanya selalu menggunakan gula sebagai bahan utamanya. Gula yang digunakan pun beragam jenisnya. Namun, jenis yang paling umum adalah gula putih dan brown sugar (gula coklat). Walaupun sama-sama pemanis, sebenarnya kedua gula tersebut memiliki perbedaan. Banyak juga orang bilang kalau brown sugar memiliki kandungan yang lebih baik bagi tubuh dibandingkan dengan gula putih. Apakah hal itu benar? Simak artikel ini untuk tahu jawabannya!

1. Apa itu sebenarnya brown sugar?

Dikutip dari My Fearless Kitchen, brown sugar adalah gula putih yang masih memiliki kandungan molasses di dalamnya sehingga warnanya berubah dari putih menjadi coklat tua. Molasses sendiri adalah hasil dari proses pemurnian gula yang masih mentah (raw sugar). Walaupun begitu, brown sugar juga masih memiliki kandungan sukrosa yang banyak. Jadi tetap akan memberikan rasa manis saat Anda gunakan.

2. Perbedaannya dengan gula putih

Hal pertama yang paling membedakan antara kedua gula tersebut adalah warnanya. Gula biasa yang sering Anda temui, cenderung memiliki warna putih karena sudah tidak memiliki kandungan molasses saat proses pemurniannya. Perbedaan selanjutnya, terletak pada tekstur dan rasa. Brown sugar memiliki rasa yang lebih pekat (seperti rasa caramel dan toffee) dan tekstur yang lebih halus. Sedangkan gula putih memiliki rasa yang jauh lebih manis dan tekstur yang kurang halus atau kasar.

Dari segi nutrisi yang dikandung, baik brown sugar maupun gula putih sebenarnya tidak terlalu banyak berbeda. Kandungan molasses yang ada di dalamnya membuat brown sugar mengandung beberapa mineral yang baik bagi tubuh, seperti magnesium, potassium, kalsium, dan zat besi. Berbeda dengan gula putih yang tidak mengandung mineral sama sekali.

Melihat banyaknya mineral yang terkandung di dalamnya, membuat brown sugar dapatmenjadi alternatif pilihan gula yang lebih sehat untuk digunakan pada makanan dan minuman. Namun, tetap perhatikan jumlah asupan gula yang Anda konsumsi, ya!