Benarkah Cokelat Bisa Sebabkan Jerawat?

Benarkah Cokelat Bisa Sebabkan Jerawat?

Informasi Terkini – Cokelat merupakan makanan manis yang menjadi incaran banyak orang. Semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orangtua gemar makan cokelat. Bahkan cokelat sering dikaitkan dapat memperbaiki suasana hati yang sedang buruk. Namun, dalam kabar yang beredar cokelat bisa menyebabkan jerawat, benarkah begitu?
Masalah ini memang bukan kabar yang baru lagi. Sudah terdapat penelitian yang mengungkapkan bahwa coklat memang berpengaruh pada jerawat. Namun, hal ini masih berupa pro dan kontra sehingga belum bisa disimpulkan.
Seperti di tahun 2013 lalu terdapat penelitian yang mengungkapkan hal tersebut. Dalam penelitian ini disebutkan bahwa cokelat bisa meningkatkan pelepasan protein interleukin-1B (IL-IB) dan IL-10. Akibat dari pelepasan protein ini menyebabkan bakteri yang menyebabkan jerawat (Proponibacterium dan Staphycoccus Aureus) menjadi lebih agresif dan menumbuhkan jerawat.
Selain itu, di tahun 2017 juga ada penelitian yang mengungkapkan hal serupa. Hal ini terlihat dari reaksi wajah pada mahasiswa yang makan cokelat memiliki jerawat baru, dibandingkan teman-temannya yang makan kacang atau jelly.
Meski sudah ada penelitian, tapi belum dapat dipastikan bagaimana pengaruh cokelat pada pertumbuhan jerawat. Membutuhkan penelitian lanjutan untuk memastikannya.
Tetapi, menurut Dr. Ava Shamban, bukanlah cokelat yang menyebabkan pertumbuhan jerawat secara langsung. Namun, kandungan yang ada di dalam cokelat, seperti susu, gula, dan zat lainnya yang mungkin pada beberapa orang menjadi sensitif mengakibatkan pertumbuhan jerawat.