Benarkah Kentang Efektif Dalam Membantu Menurunkan Berat Badan?

Benarkah Kentang Efektif Dalam Membantu Menurunkan Berat Badan?

Informasi Terkini – Jika Anda mulai risih saat celana jeans mulai sesak dan napas semakin sering terengah-engah saat naik turun tangga, mungkin ini saatnya untuk memperbaiki pola makan dan rutin berolahraga. Salah satu hal paling mudah untuk dilakukan adalah mengganti asupan yang tidak sehat dengan masakan rumah. Meski jarang terdengar sebagai menu diet, sebenarnya mengganti nasi dengan kentang dapat membantu Anda menurunkan berat badan secara konsisten, lho! Ini dia alasan yang dapat meyakinkan Anda untuk mulai mengonsumsi kentang saat berada dalam masa penurunan berat badan!

1. Jenis Makanan yang Mengenyangkan

Menurut sebuah riset, kentang termasuk salah satu makanan dengan tingkat kekenyangan yang cukup tinggi. Hal ini terjadi karena kentang adalah salah satu jenis bahan makanan dengan kadar serat dan pati resisten yang tinggi. Dengan kadar gizi seperti ini, pencernaan Anda butuh waktu untuk memproses kentang sehingga timbul rasa kenyang lebih lama. Saat perut terasa kenyang, tentunya Anda tidak akan membutuhkan cemilan yang berperan penting dalam naiknya berat badan.

2. Dapat Dikreasikan Menjadi Berbagai Hidangan

Mulai dari dikukus, direbus, dibuat menjadi mashed potato, hingga dipanggang, Anda dapat mengolah kentang menjadi berbagai jenis hidangan. Namun, satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahan-bahan tambahan yang dimasukkan saat Anda memasak. Jika menghitung gizi makanan tambahan terlalu rumit untuk dilakukan, Anda cukup memastikan bahwa bahan-bahan yang digunakan untuk mengolah kentang tidak akan kontradiktif dengan tujuan memakan kentang ,yakni untuk menurunkan berat badan. Jika Anda ingin membuat tumis dengan kentang, gunakan minyak zaitun alih-alih minyak goreng biasa yang memiliki pengaruh buruk pada asupan gizi.

3. Rendah Kalori dan Bebas Lemak

Salah satu keunggulan kentang yang lain adalah rendahnya kalori yang dikandung dan tidak ada lemak pada kentang. Sebuah studi yang dilakukan tahun lalu mengungkapkan bahwa saat wanita yang kelebihan berat badan mengonsumsi makanan yang tidak terlalu padat, termasuk kentang, maka ia akan tetap merasa kenyang meski tidak mengonsumsi makanan dengan kalori tinggi. Selain itu, pati resisten yang ada di dalam kentang dapat mengontrol kadar gula dalam darah. Ia juga dapat menjadi simpanan karbohidrat yang dibakar saat Anda melakukan aktivitas berat seperti olahraga. Di saat seperti ini, kentang yang mengandung potasium lebih banyak daripada pisang dapat meningkatkan ketahanan tubuh Anda saat berolahraga.