Beragam Cara Untuk Menjawab Pertanyaan Mengenai Kelemahan Diri Saat Interview Kerja

Beragam Cara Untuk Menjawab Pertanyaan Mengenai Kelemahan Diri Saat Interview Kerja

Informasi Terkini – 1. Hindari membeberkan kelemahan yang menyangkut dengan kepribadian

Kejujuran memang penting. Namun, sebaiknya simpan kelemahan yang terkait dengan kepribadian untuk diri Anda sendiri saja. Sebagai contoh, Anda sulit menerima arahan dari atasan, ‘bersumbu pendek’ alias mudah adu debat dan berargumen, atau sulit berkomunikasi dalam kerja tim. Agar lebih aman, lebih baik sebutkan saja kelemahan yang tidak terkait dengan sifat atau kepribadian. Misalnya saja, saat ingin melamar pekerjaan sebagai video editor. Anda bisa menjawab bahwa kelemahan yang dimiliki adalah salah satu software editing yang sudah lama tidak digunakan, sehingga butuh waktu untuk mempelajarinya kembali.

2. Sebutkan kelemahan yang tidak berpengaruh signifikan dengan pekerjaan Anda

Walaupun ingin menunjukkan bahwa Anda memiliki kesiapan penuh untuk pekerjaan ini, jangan sampai Anda justru menyebutkan kelemahan yang tidak ada hubunganya sama sekali dengan pekerjaan, ya. Cukup sebutkan kelemahan yang relevan dengan pekerjaan saja. Contohnya, jika Anda melamar pekerjaan sebagai content writer. Anda bisa menyebutkan bahwa kekurangan Anda terletak di kemampuan untuk menyusun pertanyaan wawancara dengan sudut pandang yang unik. Namun, perlu diingat juga untuk tetap menyebutkan kekurangan yang masih dapat ‘ditolerir’ oleh sang interviewer, ya.

3. Sebutkan kelemahan yang sudah Anda perbaiki

Cara ini cukup umum digunakan dalam interview kerja. Namun, Anda tetap bisa menggunakannya tanpa harus membuat pewawancara merasa bosan. Kuncinya adalah dengan menjelaskan langkah apa saja yang sudah Anda lakukan secara detail untuk memperbaiki kelemahan dengan contoh asli.

Sebagai contoh, Anda melamar sebagai marketing officer sedangkan kekurangan Anda terletak di penggunaan software Excel. Untuk mengatasi kelemahan ini, Anda pun mengikuti kursus Excel dan juga mengikuti kelas online. Jelaskan juga bagaimana dampak positif dari langkah yang Anda ambil ini terhadap kekurangan Anda, ya.