Beragam Manfaat Minyak Kemiri Untuk Kesehatan Rambut

Kemiri adalah tumbuhan dimanfaatkan sebagai sumber minyak dan rempah-rempah. Biji kemiri berasal dari pohon kemiri dengan nama ilmiah Aleurites moluccana.

Sejak jaman dahulu, kemiri memang sudah banyak digunakan untuk merawat rambut secara tradisional. Karena kemiri sendiri mengandung beberapa zat yang bermanfaat. Kandungan kemiri diantaranya adalah fosfor, kalium, kalsium dan magnesium. Sedangkan vitamin yang ada di dalam kemiri diantaranya adalah protein, karbohidrat, mineral dan vitamin.

Nah, beberapa kandungan dalam kemiri tersebut ternyata memiliki banyak manfaat untuk mengatasi permasalahan pada rambut. Apa saja sih? Yuk, simak!

1. Mencegah Munculnya Uban

Begitu banyak permasalahan pada rambut, seperti rambut rontok, kering, bercabang, lepek, dan sebagainya, tak terkecuali jika munculnya uban. Yang bisa menyebabkan sebal adalah ketika uban tersebut muncul pada usia yang masih muda atau remaja. Jika uban muncul pada usia muda termasuk sebagai salah satu tanda penuaan dini lho ladies. Nah, sesuai dengan judulnya, bahwa bahan alami kemiri ini yang memiliki kandungan vitamin E yang berperan sebagai antioksidan dapat membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini, salah satunya adalah tumbuhnya uban. Nah, Anda bisa memanfaatkan kemiri, minyak kemiri tentunya. Minyak kemiri gunakan untuk perawatan rambut dengan cara mengaplikasikannya ke seluruh batang hingga ujung rambut. Sebaiknya lakukan perawatan ini secara rutin, agar uban secara perlahan-lahan akan menghilang.

2. Rambut Rontok

Tak sedikit wanita yang mengeluhkan akan rambut rontoknya. Namun, tenang saja, Anda bisa memanfaatkan minyak kemiri untuk mengatasi permasalahan rambut rontok tersebut. Karena kandungan omega, minyak kemiri mampu meresap dengan baik ke dalam kulit kepala yang akan menutrisi akar rambut. Jadi,rambut Anda akan jauh lebih ternutrisi, sehingga rambut rontok akan lebih berkurang. Anda bisa mengaplikasikan minyak kemiri pada kulit kepala sembari memijat area kulit kepala Anda. Anda bisa melakukan ini secara rutin setiap dua kali dalam seminggu. Selain mengatasi rambut rontok, perawatan rambut dengan minyak kemiri pada area akar rambut juga akan memperkuat akar rambut. Sehingga rambut akan lebih kuat di bagian akarnya.

3. Mengurangi Peradangan karena Ketombe

Minyak kemiri juga memiliki kandungan asam linoleat yang merupakan jenis asam lemak tak jenuh omega-6, yang memiliki fungsi sebagai anti inflamasi, dan juga terkenal efektif dalam mengurangi peradangan pada kulit kepala akibat ketombe. Cara mengatasinya, dapat dilakukan dengan oleskan minyak kemiri pada bagian kulit kepala yang meradang atau seluruh bagian kulit kepala. Setelahnya, pijat selama 10 menit hingga kulit kepala, lalu bilas hingga bersih.

4. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Tak hanya fungsi diatas, ternyaa minyak kemiri juga berfungsi untuk merangsang pertumbuhan rambut. Dengan mengoleskan minyak kemiri pada rambut secara rutin, maka akan membantu pertumbuhan rambut secara lebih cepat. Anda bisa mengoleskan minyak kemiri 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Ingat, lakukan secara rutin ya agar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan.