Berbagai Pro Dan Kontra Dari Hubungan Tanpa Status Yang Perlu Anda Ketahui

Berbagai Pro Dan Kontra Dari Hubungan Tanpa Status Yang Perlu Anda Ketahui

Informasi Terkini – Hubungan Tanpa Status atau yang lebih populer disingkat sebagai HTS bukanlah tipe relasi yang asing bagi generasi muda tanah air. Banyak anak muda yang mulai memilih relasi tanpa status, alih-alih memberikan label pacaran pada hubungan mereka. Namun, tak sedikit pula yang justru terjebak dalam rasa galau karena HTS. Sebagai tipe relasi, HTS tentu saja memiliki sisi positif dan negatif saat dijalani. Nah, untuk mengetahui apa saja kelebihan dan keunggulannya, baca artikel ini, yuk

1. Kelebihan Hubungan Tanpa Status

Ada sederet manfaat dari memiliki hubungan tanpa status, salah satunya adalah kebebasan yang tidak berubah. Dalam hubungan tanpa status, Anda tidak perlu memberi kabar pada dia atau meminta izin jika ingin bepergian dengan siapa pun. Karena ia bukanlah pacar, Anda juga masih bisa berkenalan dengan lawan jenis yang lain tanpa harus repot menjelaskan kepadanya tentang kenalan baru Anda.

Selain kebebasan, Anda juga tidak perlu berhadapan dengan rasa ingin tahu berlebihan dari keluarga karena kata ‘teman’ sudah cukup bisa menggambarkan status yang sedang dijalani sekarang. Tidak ada dorongan untuk segera meresmikan hubungan ke pelaminan karena jika memperkenalkan dia kepada orang lain di kehidupan Anda, istilah teman adalah kata yang paling tepat.

Berada dalam hubungan tanpa status juga dapat mengurangi kerumitan dan menekan biaya karena Anda tidak diwajibkan untuk menghafal tanggal lahirnya, tanggal jadian, atau hari-hari penting yang biasa dirayakan oleh orang yang berpacaran pada umumnya. Pssst, Anda juga tidak perlu repot mencari kado dan mengeluarkan biaya tambahan untuk pergi berkencan tiap malam Minggu dan hari libur lainnya, lho!

2. Kekurangan Hubungan Tanpa Status

Dalam hubungan tanpa status, Anda tentu tidak dapat melibatkan perasaan terlalu jauh. Hal ini karena tidak adanya dasar yang jelas dari hubungan. Oleh karena itu, akan sulit bagi Anda jika rasa sayang yang dimiliki menjadi terlalu besar. Memiliki rasa jealous pun terasa salah karena Anda akan selalu merasa bahwa tidak ada hak untuk memiliki kecemburuan saat ia pergi bersama wanita lain.

Hubungan tanpa status juga dapat membuka peluang kekerasan, baik secara fisik maupun psikis. Tindakan seperti gaslighting adalah salah satu kekerasan emosional yang paling mungkin dilakukan saat berada dalam hubungan tanpa status.

Tidak hanya gaslighting, ghosting pun dapat dilakukan oleh salah satu pihak karena tidak adanya komitmen yang jelas antara satu sama lain. Tindakan meng-ghosting tidak dapat dipertanyakan dan Anda pun tak bisa mengejar pelaku ghosting karena sejak awal tidak pernah ada status pacaran. Akibatnya, Anda jadi menyia-nyiakan waktu hanya untuk ditinggalkan tanpa kabar. Hal ini tentunya terasa tidak mengenakkan dan dapat berdampak buruk pada kondisi psikologis.

3. Hubungan Tanpa Status, Ya atau Tidak?

Apa pun hubungannya, tentu saja akan ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Nah, apa pun yang akan dipilih kelak, tentu Anda sudah harus siap dengan segala konsekuensi yang mengikuti. Jika sedang menjalani hubungan tanpa status, apakah Anda sudah yakin dengan keputusan tersebut? Ada baiknya, pikirkan dengan matang tentang berbagai masalah yang kemungkinan akan datang di kemudian hari, sebelum Anda terlanjur sayang dan justru sakit hati karenanya.