Berikut Bahan Alami Ini Dikenal Ampuh Mengatasi Gigitan Nyamuk

Berikut Bahan Alami Ini Dikenal Ampuh Mengatasi Gigitan Nyamuk

Informasi Terkini – Tinggal di negara dengan iklim tropis membuat Anda sudah terbiasa menghadapi ‘serangan’ nyamuk. Baik musim kemarau maupun musim hujan, hewan kecil yang satu ini seringkali muncul dan tak jarang membuat tidur jadi tidak nyenyak. Untuk mengatasi gigitan nyamuk, beberapa orang memilih penggunaan lotion anti-nyamuk sebagai cara mengatasinya. Namun, sayangnya tidak semua orang menyadari bahwa kandungan dalam obat lotion anti-nyamuk tidak selalu baik bagi kulit, terutama mereka yang memiliki jenis kulit sensitif dan rentan iritasi.

Pada penggunaan obat lotion anti-nyamuk terdapat kandungan Diethyltoluamide atau yang lebih dikenal dengan istilah DEET. Zat ini merupakan bahan kimia aktif. Meskipun berbagai lotion anti-nyamuk turut memasukkan bahan alami tumbuh-tumbuhan, namun tetap saja penggunaan DEET pada kulit dalam jangka waktu lama bisa menimbulkan berbagai efek samping, seperti alergi berupa iritasi dan kemerahan. Bahkan, penggunaan DEET dengan kadar lebih dari 30% dapat memicu timbulnya kanker pada kulit. Meskipun lotion anti-nyamuk yang beredar di pasaran memiliki kadar DEET yang rendah, namun tak ada salahnya untuk mencegah efek samping dengan memilih produk alternatif lain yang lebih aman, bukan? Nah, Anda bisa memanfaatkan berbagai kandungan alami berikut yang dikenal ampuh untuk mengatasi gigitan nyamuk.

1. Cuka Apel

Saat rasa gatal akibat gigitan nyamuk menyerang, sebaiknya hindari untuk terus menggaruk bahkan dengan menggunakan kuku, karena rasa gatal malah akan bertambah parah jika Anda terus menggaruknya. Hal ini terjadi karena ‘perintah’ menggaruk yang diisyaratkan otak akan menghasilkan hormon serotonin untuk mengurangi rasa nyeri yang dirasakan, namun memberi rasa kepuasan, hingga akhirnya Anda akan terus menggaruk dan tanpa sadar meninggalkan bekas luka. Untuk menghindari hal ini, coba manfaatkan cuka apel dan campurkan dengan tepung maizena. Campur kedua bahan ini hingga membentuk pasta dan aplikasikan pada area yang terkena gigitan nyamuk. Biarkan hingga mengering, lalu bilas dengan air hangat. Agar cepat kering, Anda juga bisa melapisinya dengan menggunakan perban.

2. Coconut Oil

Rasa gatal juga bisa diredakan dengan menggunakan coconut oil. Saat diaplikasikan pada area yang gatal, coconut oil akan membentuk lapisan tipis sebagai pelindung kulit dari bahaya bakteri dan debu serta mencegahnya dari infeksi. Kaya akan kandungan anti-oksidan, anti-septik dan anti-bakteri, coconut oil juga mampu mempercepat menghilangkan rasa gatal di kulit akibat gigitan nyamuk. Jadi mulai sekarang, selalu siapkan coconut oil di dekat tempat tidur Anda, ya.

3. Lidah Buaya

Selain memberi sensasi dingin sekaligus melembapkan kulit, lidah buaya juga dikenal sebagai bahan alami yang ampuh mengatasi gigitan nyamuk. Untuk menggunakannya, potong lidah buaya, ambil gel-nya dan aplikasikan pada kulit yang terkena gigitan nyamuk. Anda juga bisa mencampurkan gel lidah buaya ini dengan calamine lotion untuk hasil yang lebih maksimal.

4. Aspirin

Salah satu bahan pengganti untuk mengatasi gigitan nyamuk adalah obat aspirin. Umumnya, obat ini dimanfaatkan untuk mengatasi rasa sakit pada gigi, atau flu ringan. Namun, Aspirin yang bersifat anti-inflamasi juga cocok digunakan untuk mengatasi pembengkakan akibat gigitan nyamuk. Caranya, hancurkan aspirin lalu tambahkan beberapa tetes air hingga berbentuk pasta. Oleskan pada area yang terkena gigitan nyamuk dan biarkan hingga mengering, lalu cuci dengan air hangat.

5. Kulit Pisang dan Es Batu

Selain dagingnya yang kaya vitamin, kulit pisang juga menyimpan banyak manfaat, salah satunya dalam mengatasi rasa gatal akibat gigitan nyamuk. Anda bisa mengeruk bagian dalam kulit pisang dan mencampurkannya dengan dengan air mawar atau air putih hingga berbentuk pasta, lalu aplikasikan pada area kulit yang terkena gigitan nyamuk dan biarkan hingga mengering. Anda juga bisa menambahkan es batu yang dibungkus dengan kain bersih di atasnya untuk memberi sensasi dingin sehingga rasa gatal segera mereda.