Berikut Manfaat Puasa Bagi Kulitmu

Berikut Manfaat Puasa Bagi Kulitmu

Informasi Terkini – Meskipun tidak langsung terlihat, puasa bisa bermanfaat bagi kesehatan, termasuk juga kulit. Hal ini disebabkan sistem tubuh kita yang menyesuaikan diri terhadap asupan makanan yang berkurang setiap hari.
Seperti apa manfaat puasa bagi kesehatan kulit? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.
1. Mencegah penuaan dini
Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa berpuasa bisa mencegah kulit kita menua. Hal ini disebabkan dengan berpuasa membuat tubuh mengeluarkan sejenis molekul keton.
Keton ini dapat merangsang pembelahan sel yang menyusun dinding pembuluh darah. Dengan begitu, sel-sel kulit akan terlihat lebih muda dan sehat sehingga terhindar dari penuaan dini.
Namun, penelitian ini masih dilakukan pada hewan. Masih diperlukan penelitian lain yang besar dan mencakup manusia untuk memastikannya.
2. Menjaga kesehatan kulit
Setiap hari berbagai jenis racun memasuki tubuh. Dengan proses detoksifikasi yang melibatkan organ-organ tubuh, seperti sistem pernaan hingga kulit dapat membuang racun-racun berbahay dalam tubuh. Nah, detoksifikasi saat berpuasa membuatnya lebih optimal. sebab, racun yang masuk dalam tubuh berkurang. Dengan begitu, tubuh terbebas dari racun dan kulit lebih sehat.
3. Mempercepat penyembuhan luka
Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa berpuasa dapat memulihkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini berarti merangsang pembentukan sel baru.
Pembentukan sel baru ini dapat mempercepat penyembuhan luka pada kulit.
4. Mengatasi masalah kulit
Berpuasa diyakini dapat mengatasi masalah kulit seperti dermatitis kontak dan urtikaria. Hal ini diungkapkan dalam 2 penelitian yang berbeda.
Meski begitu, untuk memastikan manfaat ini benar adanya diperlukan pengkajian yang lebih kompleks.