Berikut Tips DIY Hair Spa Saat #Dirumahaja

Akibat pandemi kemarin, banyak orang yang masih ragu untuk datang ke salon. Jumlah orang yang positif semakin bertambah membuat sebagian orang semakin takut untuk sembarangan dalam memilih salon. Akibatnya, kecantikan rambut pun bisa terganggu.

Namun, tak perlu khawatir. Ternyata, kamu bisa membuat hair spa sendiri di rumah dengan bahan-bahan alami. Berikut ini beberapa contoh resepnya.

1. Minyak zaitun

Pernah tahu kan kalau minyak zaitun itu sangat bermanfaat untuk kecantikan rambut?

Nah, minyak zaitun ini dapat berperan sebagai kondisioner yang kaya akan antioksidan sehingga dapat mencegah dan memperbaiki kondisi rambut yang rusak.

Jika rambut kering, minyak zaitun ini juga mampu memberikan kelembapan dan aman untuk digunakan.

Cukup siapkan beberapa sendok minyak zaitun (sesuai ukuran rambut). Lalu, oleskan ke kepala dan berikan sedikit pijatan untuk membantu melancarkan peredaran darah. Berikan penguapan jika kamu mempunyai steamer. Kalau tidak, kamu bisa membasahi handuk dengan air hangat dan tutup rambut dengan handuk tersebut. Biarkan selama 10 menit. Lalu, bilas dengan air dingin dan sampo.

2. Alpukat-madu

Jika kamu merasa memiliki rambut yang tipis sebaiknya gunakan masker campuran alpukat dan madu ini.

Siapkan 1 alpukat matang dan 1 sdm madu. Hancurkan dan campur agar merata. Oleskan ke kepala mulai dari akar hingga ujung rambut. Lakukan penguapan selama 10 menit. Jika sudah, kamu bisa membilasnya dengan air bersih dan sampo.

3. Telur

Terdengar aneh, kan? Tapi, telur itu sumber protein yang dapat merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat. Namun, perawatan ini sebaiknya digunakan oleh rambut yang normal.

Siapkan 1 butir telur, kocok, lalu tambahkan 2 sdm minyak kelapa. Oleskan ke seluruh rambut dan bungkus dengan handuk hangat sebagai penguapan. Jika sudah, bilas dengan air bersih dan sampo agar bau amis menghilang.

4. Pisang

Selain nikmat dimakan, pisang juga membantu dalam mengatasi permasalahan rambut. Kaya akan kalium, minyak alami, dan vitamin dapat membuat rambut yang lebih halus. Kamu bisa mencobanya, terutama rambut kering dan rusak.

Siapkan 1 buah pisang yang sudah matang, hancurkan dan tambahkan 2 sdm minyak zaitun. Oleskan ke rambut dan bungkus dengan handuk sebagai penguapan. Jangan lupa untuk mencuci rambut setelah itu.

Perawatan rambut ini harus dilakukan dengan membilasnya terlebih dahulu. Agar pori-porinya terbuka disarankan untuk menggunakan air hangat.

Gimana, tertarik mencobanya?