Cari Cadangan Migas Di Lautan Menko Luhut Dorong Kerja Sama Dengan TNI AL

Cari Cadangan Migas Di Lautan Menko Luhut Dorong Kerja Sama Dengan TNI AL

Informasi Terkini – Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman mengatakan bahwa kapal dari TNI Angkatan Laut bakal diberdayakan untuk mencari kandungan dari minyak dan gas bumi (migas), yang telah terkandung di lautan Indonesia.
Luhut menambhakan bahwa cadangan dari migas yang ada di Indonesia pada saat ini terus mengalami penurunan. Oleh karena itu, perlu untuk digenjot dalam pencarian (eksplorasi) migas untuk dapat menambah cadangan.
“Ya memanglah cadangannya terukur juga sudah mulai menurun, jadi sekarang ini kita mau mencoba meningkatkan eksplorasi lebih banyak lagi,” ujar Luhut saat di Kantor Satuan Kerja Khusus Pelaksana Keguatan Hulu dari Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), di Jakarta, pada Jum’at (26/08/2016).
luhut Panjaitan menjelaskan bahwa pada saat ini telah dilakukan pergeseran untuk pencarian cadangan dari migas, yang pada sebelumnya di darat sekarang menjadi di laut. Dikarenakan, kandungan cadangan migas yang ada di darat telah mulai menipis.
“Karena cadangan minyak sekarang banyak yang ada di laut,” kata Luhut, yang dirinya juga menjabat sebagai Pelaksana Tugas Kementrian Energi SD Mineral (ESDM).
Luhut mengatakan bahwa untuk mendukung pencarian dari cadangan migas di dalam lautan akan dilakukan kerja sama dengan TNI AL. Kerja sama itu yang berupa pemanfaatan kapal patroli yang untuk melakukan pencarian kandungan dari migas.
‎”Salah satu caranya yakni kita melakukan kerja sama dengan TNI AL yang di mana nantinya kapal-kapal TNI yang tengah berlayar bakal kita program agar dapat melakukan studi di lautan,” pungkas Luhut.