Dugaan Sementara Penyebab Jatuhnya Pesawat Hercules TNI

Dugaan Sementara Penyebab Jatuhnya Pesawat Hercules TNI

Informasi Terkini – Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) Mareskal Madya Hadiyan Sumintaatmaja mengataka bahwa faktor cuaca yang telah diduga menjadi penyebab jatuhnya pesawat Hercules milik TNI AU jenis C-130 HS nomor registrasi A-1334 di Gunung Lisuwa, Wamena.
‎”Perkiraan awal dari kecelakaan pesawat itu karena faktor cuaca. Tetapi ini jangan dijadikan patokan karena harus ada lima yang harus dianalisa terlebih dahulu,” katanya di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, pada Minggu (18/12/2016).
‎Hadiyan mengaku bahwa pesawat masih di dalam kondisi yang bagus dan siap untuk diterbangkan. “Secara kelayakan dari pesawat ini masih mempunyai jam terbang. Semuanya layak terbang,” tutupnya.
Peristiwa nahas ini telah menyebabkan 12 kru pesawat dan 1 penumpang dari TNI AU meninggal dunia. Pada saat ini seluruh jenazah telah tiba di Bandara Wamena dan kemudian akan diterbangkan ke Malang, melalui bandara Biak Papua.
Seperti yang diberitakan, pesawat Hercules TNI AU ini terbang dari Timika pada pukul 05.35 WIB dan dijadwalkan akan mendarat pada pukul 06.13 WIB di Wamena. Akan tetapi empat menit sebelum pesawat mendarat, pesawat dilaporkan telah hilang kontak meskipun pada semenit sebelumnya masih dapat berkomunikasi dengan ATC Bandara Wamena.
Ke-12 kru pesawat Hercules ini adalah anggota Skuadron 32 Lanud Abdurrahman Saleh yang tengah melakukan perjalanan sejak kemarin. Perjalanan mereka itu di dalam rangka latihan navigasi yang memang rutin digelar.