Kapolri: Mudik Natal Dan Tahun Baru, Kalau Brexit Penuh Jangan Dipaksakan

Kapolri: Mudik Natal Dan Tahun Baru, Kalau Brexit Penuh Jangan Dipaksakan

Informasi Terkini – Presiden Joko Widodo meminta kepada jajaran Kepolisian dan TNI untuk menjaga keamanan selama hari perayaan Natal dan juga Tahun Baru terutama dari ancaman para terorisme. Akan tetapi, ada hal lainnya juga tidak boleh dilupakan, yaitu arus mudik.
Kapolri Jenderal Tito Karnavian menuturkan untuk arus mudik, pihaknya akan lebih fokus terhadap penataan exit tol Brebes Timur atau yang lebih dikenal dengan Brexit. Beberapa dari ruas jalan tol yang telah terintegrasi dengan Brexit juga akan diantisipasi.
“Kita juga akan mewaspadai arus mudik terutama pada arus mudik Brexit, akan kita waspadai. Jalur-jalur tol Cipali sampai ke Bandung,” ujar Tito saat di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Kamis (22/12/2016).
Agar kemacetan parah tak terjadi lagi seperti saat mudik Lebaran, Tito meminta kepada masyarakat untuk mematuhi arahan dari petugas yang telah ada di lokasi. Apabila Brexit sudah penuh, tak perlu untuk dipaksakan dan lebih baik untuk mencari jalur alternatif yang telah disiapkan.
“Saya hanya mengimbau kepada masyarakat untuk jalur tol Cipali ini kalaupun seandainya nanti Brexit-nya sudah penuh ya jangan dipaksain. Nanti arus akan diarahkan ke jalur Pantura lama atau jalur Selatan, dan lewat Cikopo,” tutur Tito.
Sedangkan untuk masyarakat yang akan mudik dengan menggunakan jalur laut dan udara Tito menilai tak ada masalah. Peningkatan yang terjadi pun juga masih dapat diantisipasi.
“Kemudian pada jalur udara, laut saya kira itu enggak ada masalah. Ada peningkatan memang tetapi saya kira itu masih bisa diatasi,” tutup Tito.