Krnologi Penemuan 4 Korban Penumpang Mobil Tertimbun Longsor Di Lembang

Krnologi Penemuan 4 Korban Penumpang Mobil Tertimbun Longsor Di Lembang

Informasi Terkini – Keluarga dari empat korban yang tewas akibat mobil mereka yang tertimbun oleh longsor, sempat mencari korban ‎ke lokasi kejadian pada hari Senin, 14 November 2016, yang berada di Desa Gudang Kahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.
Akan tetapi, Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat Kombes Yusri Yunus mengatakan, pihak keluarga untuk sementara tak diizinkan untuk mendekati lokasi longsor Lembang itu.
“Keluarga korban bertekad untuk mendatangi lokasi kejadian tersebut dikarenakan semenjak hari Minggu, 13 November 2016, pukul 19.00 WIB, korban sudah tak dapat lagi dihubungi. Akan tetapi keluarga korban hanya sampai jalan, dikarenakan tak diizinkan untuk mendekati karena dikhawatirkan terdapat longsor susulan,” kata Yusri melalui pesan singkat yang dikutip dari laman Liputan6.com saat di Bandung, pada Selasa (15/11/2016).
Yusri menambahkan, pada Selasa dini hari tadi sekitar pukul 03.00 WIB keluarga korban kembali mendatangi lokasi kejadian longsor tersebut dengan menyusuri aliran sungai pada kawasan tersebut.
Keluarga korban pada akhirnya menemukan mobil Toyota Kijang kapsul yang bernomor polisi F 777 WR dengan warna perak yang sudah tertimbun oleh material tanah longsor pada pukul 07.00 WIB.
“Usai memastikan nomor polisi pada kendaraan yang tertimbun oleh tanah longsor, keluarga korban kemudian melaporkan hal tersebut kepada pihak keamanan. Lalu pada pukul 07.00 WIB dilakukannya evakuasi terhadap korban dengan pengerahan alat oleh tim gabungan,” ujar Yusri.
Menurut dirinya, tim gabungan sempat mengalami kesulitan untuk mengevakuasi ‎para korban longsor dikarenakan mobil berada di dalam jurang sedalam 75 meter. Evakuasi yang dilakukan oleh tim gabungan pun akhirnya berhasil untuk diupayakan pada pukul 12.45 WIB.
Sementara itu‎, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat Dicky Maulan menuturkan, tim gabungan tersebut terdiri dari BPBD Bandung Barat, Polri, TNI, serta relawan selesai untuk mengeluarkan seluruh korban dari mobil mereka sekitar pukul 13.30 WIB.
“Korban yang ada di dalam mobil tertimbun oleh tanah dan tertutup dengan pohon bambu. Kami telah turunkan sebanyak 200 personel gabungan yang membantu untuk mengevakuasi seluruh korban,” katanya.
Adapun pada saat kejadian pada Minggu yang lalu, terdapat beberapa titik longsor pada Jalan Kolonel Masturi. Diduga mobil korban itu terseret serta jatuh ke jurang sejauh 70 meter karena pergerakan tanah sewaktu mobil melintas pada jalan tersebut. “Kemungkinan mobil itu terseret sekitar pukul 15.30 WIB,” pungkas Dicky.‎