Wiranto: Awas, Pelaku Pungli Cepat Atau Lambat Pasti Akan Ketangkap!

Wiranto: Awas, Pelaku Pungli Cepat Atau Lambat Pasti Akan Ketangkap!

Informasi Terkini – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menegaskan bahwa pemerintah tak akan main-main di dalam memberantas pungutan liar (pungli). Bahkan juga keseriusan tersebut telah ditunjukkan dengan membentuk Satgas Sapu Bersih (Saber) Pungli yang telah dikukuhkan pada 28 Oktober 2016 lalu.
Di dalam hal ini, Wiranto telah mengingatkan kepada sejumlah pihak baik dari masyarakat maupun instansi negara agar dapat menjauhi kegiatan pungli.
‪”Jadi harap hati-hati, orang yang pungli, nanti cepat atau lambat pasti akan ketangkap,” tegas Wiranto saat di acara Kampanye Budaya Anti Pungli yang diadakan di kawasan Monas, Jakarta Pusat, pada Minggu (18/12/2016).
‪Oleh karena itu, pihaknya telah mengimbau kepada warga masyarakat untuk tak ragu dalam melaporkan adanya praktik pungli ke Tim Saber.
‪Menurut Wiranto, masyarakat tidak hanya bisa melaporkan praktik pungli ke Tim Saber Pungli di tingkat pusat saja. Di dalam Kementerian dan di setiap Provinsi, dia mengatakan bahwa sudah dibentuk unit Saber Pungli. Sehingga para warga masyarakat bisa lebih mudah untuk melapor.
‪”Jadi di dalam lembaga kementerian, kita telah membuat unit. Kalau satgas itu berada Pusat. Kalau Kementerian dan provinsi itu disebut unit pemberantasan pungli. Mengapa? Karena kita mengharapkan kepada mereka ada aktivitas. Laporan dari masyarakat tak hanya pusat saja, tetapi itu ke unit-unit itu,” tutup Wiranto.
‪Di dalam acara Kampanye Budaya Anti Pungli itu juga dilakukan pembubuhan tanda tangan Ikrar Sapu Bersih Pungutan Liar.‎ Wiranto merupakan orang yang memberikan tanda tangan itu.
‪Selain itu juga dilakukan acara simbolis dengan melepas balon yang bertuliskan ‘Stop Pungli’ dan penandatanganan ikrar ‘Stop Pungli, Laporkan Segera’