Berniat Menyewa Apartemen Untuk Pertama Kali? Yuk, Perhatikan Hal Berikut

Berniat Menyewa Apartemen Untuk Pertama Kali? Yuk, Perhatikan Hal Berikut

Informasi Terkini – Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi alternatif bagi orang-orang yang hidup di perkotaan. Berbagai alasan bisa mendasarinya, mulai dari faktor kepraktisan, hingga beragam fasilitas yang ditawarkan oleh apartemen. Nah, bagi Anda yang baru memiliki keinginan untuk menyewa apartemen, tentunya ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum membuat keputusan. Yuk, simak 5 hal yang harus diperhatikan berikut, agar pengalaman pertama Anda menyewa apartemen bisa berjalan lancar.

1. Lokasi Apartemen

Lokasi adalah hal utama yang perlu Anda pertimbangkan ketika sedang mencari apartemen untuk yang pertama kalinya. Jika Anda ingin mencari apartemen yang tidak terlalu jauh dari kantor, pilihlah lokasi apartemen yang jraknya masih bisa dijangkau dengan jalan kaki atau memiliki radius tidak lebih dari 5 km dari kantor Anda. Setelah itu, Anda bisa mempertimbangkan detail lainnya, seperti keberadaan supermarket, laundry, restoran, dan tempat-tempat lain yang sekiranya akan sering Anda kunjungi. Bisa dikatakan bahwa lokasi adalah salah satu kunci untuk memastikan Anda merasa nyaman di tempat tinggal baru ini.

2. Fasilitas yang Ditawarkan

Selain lokasi, Anda juga perlu mempertimbangkan segala fasilitas yang ditawarkan oleh calon apartemen. Jika Anda menyukai olahraga, ada baiknya untuk memilih apartemen yang sudah dilengkapi dengan gym pribadi dan kolam renang. Ada pula apartemen yang dilengkapi dengan layanan resepsionis 24 jam jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan bantuan di malam hari. Anda juga perlu mencari tahu apakah apartemen Anda sudah dilengkapi dengan perabotan atau tidak. Memiliki apartemen yang dilengkapi dengan aneka fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan memang sangat menyenangkan. Namun, perlu Anda ketahui juga bahwa fasilitas dan kelengkapan yang dimiliki oleh apartemen juga akan berpengaruh kepada besarnya harga sewa yang ditawarkan.

3. Biaya Sewa Apartemen

Saat memutuskan untuk tinggal di apartemen, tentunya Anda harus mempertimbangkan sejumlah biaya yang akan dialokasikan. Apalagi, Anda akan menghabiskan sejumlah uang yang tidak sedikit, bahkan sebelum pindah ke apartemen. Beberapa apartemen mengharuskan calon pembeli untuk membayar biaya pendaftaran, setoran jaminan, dan membayar sewa untuk beberapa bulan langsung di muka. Anda bisa melakukan sedikit riset sebelumnya untuk mengetahui harga sewa apartemen yang umum di lingkungan tersebut. Pastikan Anda sudah mengetahui harga pasaran sebelum menegosiasikan harga dengan pihak apartemen.

4. Biaya Utilitas atau Biaya Jangka Panjang

Setelah Anda membayar biaya sewa di awal, bukan berarti biaya yang harus Anda keluarkan saat menyewa apartemen berhenti di situ saja. Anda mungkin harus membayar berbagai utilitas atau biaya jangka panjang selama Anda tinggal di apartemen tersebut. Biaya utilitas ini di antaranya termasuk pemakaian air, gas, listrik, internet, dan iuran sampah per bulannya. Beberapa apartemen mungkin sudah menggabungkan biaya utilitas tersebut dengan biaya sewa per bulan, jadi pastikan bahwa Anda sudah mengecek ulang dengan pihak apartemen sebelum menandatangani perjanjian sewa.

5. Berniat Memiliki Teman Sekamar atau Tidak

Jika Anda telah menemukan apartemen yang sesuai dengan keinginan Anda tetapi harga yang ditawarkan cukup tinggi, Anda dapat menyiasatinya dengan mencari teman sekamar untuk membantu mengurangi biaya. Anda perlu berhati-hati dengan siapa yang Anda pilih sebagai teman sekamar. Anda dapat mengajak sahabat atau orang yang sudah dikenal sebelumnya. Namun, perlu Anda ketahui pula bahwa hidup bersama seseorang, bahkan sahabat sekalipun adalah tantangan yang berbeda dibandingkan saat bergaul dengan mereka.

Pastikan teman sekamar adalah orang yang bertanggung jawab dan Anda berdua dapat menghormati satu sama lain. Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa semua orang yang akan tinggal dengan Anda telah menandatangani perjanjian sewa untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terkait penyalahgunaan dan hal lainnya.