Bokek Bisa Memicu Penyakit Jantung? Benarkah Demikian?

Bokek Bisa Memicu Penyakit Jantung? Benarkah Demikian?

Informasi Terkini – Selain umur dan berat badan, biasanya ada satu topik lagi nih yang tergolong ‘sensitif’ untuk dibicarakan, yaitu keuangan alias finansial, apalagi kalau sudah di tanggal tua. Angka tabungan yang kian berkurang dan dompet yang semakin menipis tentu membuat siapapun akan merasa cemas dan sedih. Namun, siapa yang menyangka kalau ternyata kondisi bokek juga memiliki dampak pada kesehatan, bahkan dapat memicu penyakit jantung! Untuk Anda yang sedang bokek atau sedang mencari motivasi untuk lebih rajin menabung, langsung saja simak hasil penelitian antara kondisi keuangan dan penyakit jantung di sini, yuk!

Keterkaitan antara Kondisi Finansial dan Risiko Penyakit Jantung juga Mengancam Usia Muda

Dilansir dari TIME, permasalahan keuangan sudah cukup dikenal sebagai salah satu pemicu rasa cemas. Nah, salah satu riset terbaru di Journal Circulation melibatkan 4000 orang responden selama 15 tahun (mulai umur 23 sampai 35 tahun) untuk dianalisis kondisi finansial dan kesehatannya. Dari penelitian ini, ditemukan bahwa responden yang mengalami lebih banyak ketidakstabilan dalam kondisi finansial (terutama berkurangannya pemasukan) memiliki risiko penyakit jantung dua kali lebih besar dan risiko meninggal lebih cepat ketimbang responden yang kondisi finansialnya stabil. Kondisi finansial yang tidak stabil mayoritas disebabkan oleh waktu menganggur, pemotongan gaji, atau pergantian pekerjaan.

"Kami berasumsi bahwa berkurangnya penghasilan atau perubahan angka penghasilan yang cukup sering kemungkinan besar berdampak buruk bagi kesehatan, mengingat hal ini tergolong sebagai hal yang cukup membuat stres. Namun, kami (para peneliti) terkejut melihat besarnya efek yang ditimbulkan, terutama karena kami meneliti populasi yang relatif masih muda,” tutur Tali Elfassy, asisten profesor epidemiologi di Department of Public Health Sciences University of Miami. Dapat disimpulkan, bahwa semakin buruk kondisi finansial Anda, terutama apabila pemasukan Anda berkurang, maka semakin besar pula stres yang Anda alami, dan hal ini dapat meningkatkan risiko Anda terhadap penyakit jantung dan kematian yang lebih cepat. Plus, perlu diingat bahwa risiko ini pun mengancam Anda yang masih tergolong muda, lho.

Walaupun kondisi finansial memang sedikit tricky karena Anda tak memiliki kontrol penuh atas pemasukan yang Anda terima, mungkin hal ini bisa menjadi pengingat Anda untuk memberi fokus lebih pada pengaturan finansial yang baik dan benar, dengan membatasi pengeluaran, rajin menabung, atau belajar investasi. Well, kondisi bokek juga tak bisa dipungkiri tetap dapat terjadi, oleh karena itu pastikan Anda juga lebih menjaga kesehatan dengan pola makan yang sehat dan rutin berolahraga untuk meminimalisir risiko penyakit jantung, ya!