Bolehkah Masker Wajah Digunakan Setiap Hari? Yuk, Simak!

Bolehkah Masker Wajah Digunakan Setiap Hari? Yuk, Simak!

Informasi Terkini – Masker wajah merupakan salah satu skin care yang berfungsi untuk memberikan perawatan kulit secara intensif. Dari jenisnya, masker wajah dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, di antaranya wash off, peel off mask, dan juga sheet mask yang saat ini tengah dan masih banyak digandrungi oleh para skin careenthusiast. Dalam 10 steps Korean daily skin care routine sendiri, penggunaan produk masker menjadi salah satu produk perawatan kulit yang perlu digunakan untuk menyempurnakan rangkaian perawatan kulit. Namun, apakah penggunaan masker wajah setiap hari tergolong aman untuk kulit? Untuk tahu jawabannya, simak pembahasan selengkapnya di bawah ini!

Manfaat Menggunakan Masker untuk Kesehatan Kulit Wajah

Menurut dr. Marie Nussbaum, seorang asisten profesor dermatologi di Cornell Weill Hospital New York, masker wajah secara umum merupakan produk skin care yang memiliki segudang manfaat untuk mengatasi berbagai masalah kulit, seperti menghidrasi kekeringan, kulit yang kemerahan, bahkan juga untuk jerawat. Tak hanya itu saja, masker wajah pun diketahui dapat membantu menjaga kelembapan kulit, mengecilkan pori-pori, serta mengangkat kotoran, minyak, serta sisa makeup yang menumpuk di wajah.

Berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari masker wajah berasal dari kandungan konsentras, seperti serum ataupun essence, yang biasanya lebih tinggi jika dibandingkan dengan produk skin care lainnya. Pasalnya, masker memang sengaja dibuat untuk pemakaian mingguan. Oleh karenanya,

Danang Wisnuwardhana, seorang dokter gigi yang merangkap sebagai skin care enthusiast danYoutuber, sempat menyatakan bahwa sebelum memutuskan memakai sebuah jenis masker, tiap orang perlu mengetahui terlebih dahulu jenis, kebutuhan, dan kondisi kulitnya. Dengan begitu, Anda pun dapat lebih leluasa dalam memilih jenis masker wajah yang tepat, sehingga manfaat dari masker tersebut dapat diserap secara optimal oleh kulit.

Menggunakan Masker Wajah yang Berbeda Setiap Harinya

Menurut Danang, sebenarnya pemakaian masker wajah setiap hari dapat memberikan efek negatif pada kulit, terutama jika Anda menggunakan jenis masker dengan fungsi yang sama setiap hari. Misalkan saja, penggunaan exfoliating mask setiap hari yang bisa memberikan efek over drying. Atau, jika Anda menggunakan hydrating mask dengan kandungan hyaluronic acid setiap hari, justru bisa membuat kulit menjadi dehidrasi karena kandungan tersebut malah akan menyerap cairan intrasel yang ada di dalam kulit. Oleh karena itu, jika Anda ingin menggunakan masker wajah setiap hari, menurut Danang sebaiknya Anda menggunakan masker dengan fungsi yang berbeda secara bergantian.

Rupanya, menggunakan masker wajah setiap hari juga tidak bisa dipraktikkan oleh semua orang. Sedangkan, menurut seorang ahli dermatologi asal New York, Debra Jaliman, bagipara pemilik kulit yang rentan berjerawat, ternyata harus mengurangi pemakaian sheet mask setiap hari. Menurutnya, masker dengan jenis lembaran umumnya bersifat oklusif yang dapat menyumbat pori-pori dan memperburuk jerawat.

Saran dari Debra, jika Anda termasuk orang dengan tipe kulit acne prone, sebaiknya menggunakan sheet mask hanya seminggu sekali. Sementara untuk pemilik kulit kering, penggunaan masker wajah jenis sheet mask dapat membantu meningkatkan hidrasi pada kulit jika digunakan dengan aturan waktu yang tepat, yaitu maksimal 3 kali dalam seminggu. Jika Anda yang memiliki jenis kulit sensitif, sebaiknya pilihlah tipe masker wajah berjenis sheet mask karena memiliki efek yang lebih baik dari sekedar pelembap harian.