Brush Vs Sponge, Mana Yang Lebih Cocok Untuk Anda?

Brush Vs Sponge, Mana Yang Lebih Cocok Untuk Anda?

Informasi Terkini – Sudah beli produk makeup dengan kualitas yang baik, tetapi kok hasilnya masih saja kurang flawless, ya?

Coba cek aplikator makeup Anda. Selain dipengaruhi oleh produk makeup yang digunakan, hasil akhir makeup yang flawless juga dapat dipengaruhi oleh aplikator yang dipakai. Maka itu, pastikan untuk memilih dan menggunakan aplikator makeup sesuai dengan kebutuhan. Lantas, di antara brush dan sponge, mana yang sebaiknya dipilih? Berikut ini beberapa faktor yang dapat menjadi pertimbangan Anda.

1. Tekstur Produk Makeup

Apa tekstur dari produk makeup yang Anda gunakan? Salah penggunaan aplikator bisa membuat tampilan makeup menjadi kurang maksimal. Untuk produk yang memiliki tekstur thick liquid, cream, atau mousse, sebaiknya Anda menggunakan aplikator berupa beauty sponge yang telah dibasahi. Jenis aplikator ini akan memberikan hasil yang seamless dan lebih natural. Sementara itu, untuk produk yang memiliki tekstur powder, akan lebih mudah dibaurkan menggunakan makeup brush, sehingga tidak menyebabkan cakey. Berbeda lagi dengan produk makeup yang memiliki tekstur sangat cair seperti serum foundation, sebaiknya dibaurkan menggunakan jari atau brush yang helaiannya tidak padat.

2. Coverage

Aplikator yang digunakan bisa membantu mengatur coverage yang Anda inginkan. Jika Anda menginginkan tampilan makeup yang natural, seamless, dan flawless, gunakan beauty sponge. Sebenarnya Anda juga bisa mendapatkan full coverage dengan aplikator ini. Namun, harus lebih sabar saat mengaplikasikan layer demi layer. Nah, kalau ingin tampilan makeup yang lebih bold,full coverage, dan presisi, Anda sebaiknya menggunakan brush. Satu hal yang perlu diingat saat menggunakan brush untuk complexion, pastikan Anda membaurkan dengan rata hingga tidak ada blending line, ya!

3. Perawatan

Agar tidak menyebabkan dampak buruk bagi kulit, seperti jerawat, makeup brush dan beauty sponge perlu dijaga kebersihannya. Caranya adalah dengan mencucinya secara rutin. Untuk beauty sponge, Anda perlu mencucinya sehabis produk tersebut digunakan. Selain itu, cara penyimpanannya juga perlu diperhatikan agar tidak menjadi sarang bakteri. Makanya, jika Anda tidak termasuk sebagai orang yang apik, jenis aplikator ini sepertinya kurang tepat untuk Anda.

Berbeda dengan beauty sponge, makeup brush bisa dicuci dengan frekuensi yang lebih jarang. Eye brush sebaiknya dicuci sebanyak dua kali dalam sebulan, sedangkan face brush untuk powder sebaiknya dicuci minimal sekali dalam sebulan. Berbeda lagi dengan brush yang digunakan untuk produk bertekstur liquid atau cream, sebaiknya dicuci seminggu sekali.

4. Daya Tahan

Terakhir, faktor daya tahan juga perlu Anda pertimbangkan dalam memilih aplikator makeup. Beauty sponge memiliki umum yang lebih pendek jika dibandingkan dengan makeup brush. Jika digunakan setiap hari, beauty sponge perlu diganti setiap tiga bulan sekali. Selain karena permukaan sponge mudah rusak akibat pencucian, bagian dalam sponge juga berpotensi telah menyimpan banyak bakteri.

Untuk kuas makeup, ada beberapa indikator yang menandakan sudah waktunya Anda mengganti dengan yang baru. Beberapa indikator tersebut adalah helaian bulu yang mulai rontok, bentuk kuas yang berubah, muncul aroma tidak sedap, gagang kuas yang patah atau retak, dan performa yang sudah tidak sebaik dahulu.