Buah Naga Bisa Redakan Jerawat?

Buah Naga Bisa Redakan Jerawat?

Informasi Terkini – Buah naga (Inggris: pitaya) adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia. Buah ini juga dapat ditemui di Okinawa, Israel, Australia utara dan Tiongkok selatan. Hylocereus hanya mekar pada malam hari.

Pada tahun 1870 tanaman ini dibawa orang Perancis dari Guyana ke Vietnam sebagai tanaman hias. Oleh orang Vietnam dan orang Cina buahnya dianggap membawa berkah. Oleh sebab itu, buah ini selalu diletakkan di antara dua ekor patung naga berwarna hijau di atas meja altar. Warna merah buah terlihat mencolok di antara warna naga-naga yang hijau. Dari kebiasaan inilah buah itu di kalangan orang Vietnam yang sangat terpengaruh budaya Cina dikenal sebagai thang loy (buah naga). Istilah Thang loy kemudian diterjemahkan di Eropa dan negara lain yang berbahasa Inggris sebagai dragon fruit (buah naga).

Buah naga nyatanya memiliki banyak manfaat termasuk untuk kecantikan. Sesuai namanya, ‘naga’, buah ini memiliki kekuatan yang cukup baik dalam menghadapi permasalahan kulit seperti jerawat dan sunburn. Berikut adalah manfaat buah naga untuk kecantikan yang perlu diketahui.

1. Meredakan Jerawat

Buah naga mengandung vitamin C dan antioksidan yang baik untuk kulit, salah satunya mengurangi peradangan pada jerawat. Cara pengaplikasiannya cukup mudah, yaitu dengan mengambil isi buah naga lalu dihancurkan sehingga membentuk pasta.

Totolkan pada jerawat menggunakan cotton bud. Jika ada lebih dari satu jerawat, gunakan cotton bud atau kapas yang berbeda. Diamkan selama 15 menit atau pakai sebelum tidur.

2. Meredakan Sunburn

Buah naga juga bisa digunakan sebagai masker setelah seharian beraktivitas di luar. Buah naga bisa meredakan inflamasi akibat sinar UVA. Kandungan vitamin C pada buah naga akan semakin baik jika ditambah dengan vitamin E.

Cara membuat maskernya adalah dengan melarutkan kapsul vitamin E dengan buah naga yang telah dihancurkan seperti krim. Aplikasikan pada wajah yang telah dibersihkan dan diamkan hingga 30 menit. Setelah dibersihkan, wajah akan terasa lebih segar dan sejuk.

3. Mencegah Kerutan di Wajah

Kerutan di wajah merupakan sesuatu yang natural terjadi pada manusia. Kerutan dan ciri penuaan kulit yang lain bisa datang lebih cepat jika kulit tidak terhidrasi dengan baik dan terpapar sinar UVA dan UVB tanpa perlindungan.

Masker buah naga bisa membantu menghidrasi kulit sehingga mencegah kerutan di wajah. Caranya adalah dengan mencampurkan buah naga dengan Yoghurt dan menggunakannya sebagai masker. Takarannya adalah 1/2 buah naga dicampur dengan satu sendok yoghurt. Gunakan masker selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat. Gunakan secara rutin minimal 1 kali seminggu.

4. Membuat Kulit Glowing

Vitamin C yang terkandung dalam buah naga juga bisa membuat kulit lebih lembab sehingga terlihat glowing. Caranya adalah dengan memakan buah naga di waktu yang tepat yaitu satu jam sebelum makan agar bisa tercerna dengan baik. Konsumsi buah naga secara teratur agar terasa khasiatnya.