Buat Wirausaha Muda, Beberapa Hal Yang Harus Dipertimbangkan Dalam Memilih Nama Usaha

Buat Wirausaha Muda, Beberapa Hal Yang Harus Dipertimbangkan Dalam Memilih Nama Usaha

Informasi Terkini – Berencana memulai usaha dekat-dekat ini? Tentunya Anda sebagai entrepreneur pemula perlu mempersiapkan berbagai hal mengenai usaha yang ingin dijalankan. Dan salah satu hal yang tak kalah penting dibandingkan rencana alur kerja serta modal adalah menentukan nama merek dari usaha Anda.

Meski terkesan sederhana, tetapi nama yang kurang tepat sedikit banyak bisa memengaruhi kesuksesan usaha. Seperti kesulitan melakukan branding produk yang Anda jual, hingga terbatasnya lingkup usaha karena nama yang terlalu khusus. Maka itu, memberi nama merek usaha perlu melalui berbagai tahap dan dipikirkan secara matang agar bisa membawa perkembangan dan memperkuat proses branding produk kepada khalayak ramai. Dan berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan nama merek usaha.

1. Hindari nama yang sulit dieja

Anda tentu tidak ingin pelanggan potensial bingung saat ingin menemukan merek usaha secara online, hanya karena namanya yang sulit dieja. Untuk nama sebuah merek tak ada salahnya mengambil kata yang sederhana tetapi unik sehingga mudah diingat oleh calon pembeli.

2. Hindari pemilihan nama yang terlalu khusus sehingga membatasi calon konsumen

Memilih nama yang ‘maknanya’ terlalu sempit ataupun membatasi cakupan wilayah tertentu akan menyulitkan Anda untuk menjaring calon konsumen. Kecuali memang usaha Anda spesifik pada wilayah, usia ataupun jenis kelamin tertentu. Bila memang demikian, pemilihan nama yang khusus bisa jadi cara untuk mendapatkan pelanggan.

3. Terkesan catchy dan familiar ketika disebutkan

Selain mempertimbangkan kesederhanaan bahasa, ada baiknya Anda juga menggunakan nama yang catchy dan familiar agar mudah diingat. Selain itu ada baiknya nama brand juga memiliki pelafalan dan penyebutannya yang enak didengar.

4. Anda sebagai pemilik usaha menyukai nama tersebut

Tak kalah penting, pastikan Anda sebagai pemilik menyukai nama merek yang dibuat. Rasa percaya diri dan kesenangan terhadap nama brand secara tidak langsung dapat tertular kepada orang lain. Terlebih saat Anda memperkenalkan merek pada klien atau konsumen saat sudah merilisnya ke pasaran.

5. Pastikan untuk langsung mendaftarkan hak cipta

Sudah menemukan nama yang cocok, dan belum digunakan oleh pelaku usaha lain? Demi kelancaran usaha di masa depan, sebaiknya Anda segera mendaftarkan merek dagang tersebut ke Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (Ditjen HKI). Dengan mendaftarkan nama usaha secara sah, Anda bisa menghindari penggunaan nama merek yang serupa dengan usaha lain di masa depan. Selain itu dengan mendaftarkan hak paten secara tidak langsung Anda juga turut ‘berinvestasi’ untuk menjalankan usaha ini dalam jangka waktu panjang dan terlihat lebih profesional saat ingin mencari klien untuk melakukan kolaborasi usaha.