Bukan Hanya Buahnya, Daun Mangga Juga Bisa Dikonsumsi Dan Mamiliki Manfaat Ini

Bukan Hanya Buahnya, Daun Mangga Juga Bisa Dikonsumsi Dan Mamiliki Manfaat Ini

Informasi Terkini – Buah mangga merupakan salah satu buah yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Rasanya yang manis ketika sudah matang sering dijadikan santapan. Ada yang langsung dimakan, dijadikan jus, smoothie dan lainnya. Bahkan, mangga muda juga sangat nikmat saat dijadikan rujak buah.
Namun, selain buahnya, daun mangga ternyata juga bisa digunakan dikonsumsi. Meski terdengar asing, tetapi bermanfaat bagi kesehatan tubuh juga. Berikut ini manfaat mengonsumsi daun mangga secara rutin. Yuk disimak ulasannya.
1. Mengatasi diabetes
Asupan makanan manis yang berlebihan dan tidak dikontrol membuat risiko terkena diabetes meningkat. Hal ini bila tidak segera diatasi bisa menjadi permasalahan bagi penyakit lainnya. Dalam daun mangga, ada kandungan zat tannin dan anthocyanin yang membantu mengatasi penyakit diabetes.
2. Menurunkan tekanan darah
Saat mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi, Anda tentu akan was-was karena hipertensi merupakan penyebab penyakit kronis. Dengan mengonsumsi air rebusan daun mangga dipercaya dapat menurunkan dan mengatur tekanan darah untuk menjadi normal.
3. Mencegah masalah pernapasan
Tingkat polusi yang semakin parah membuat kita lebih tinggi berisiko mengalami masalah pernapasan. Untuk mengatasinya, disarankan untuk mengonsumsi air rebusan daun mangga.
4. Mengobati diare
Saat mengalami diare tentu tubuh akan terasa tidak enak. Harus bolak-balik ke kamar mandi juga sangat melelahkan. Untuk itu, daun mangga yang direbus bisa bermanfaat untuk mengatasi ini. Minumlah airnya secara rutin agar diare cepat sembuh.
5. Sebagai mouthwash
Tak jarang seseorang mengalami bau mulut. Hal ini tentu sangat mengganggu aktivitas. Untuk mengatasinya dengan mengunyah daun mangga bisa menjadi solusi saat tidak ada cairan mouthwash.
6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Saat musim hujan seperti ini, sistem kekebalan tubuh mudah sekali goyah karena cuaca yang berubah. Untuk itu, daun mangga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga batuk, flu, pilek atau demam bisa teratasi.