Cabai Ternyata Miliki Manfaat Bagi Tubuh

Cabai Ternyata Miliki Manfaat Bagi Tubuh

Informasi Terkini – Sebagian besar masyarakat Indonesia menyukai masakan atau hidangan yang bercita rasa pedas. Hal ini membuat banyak makanan di Indonesia menggunakan cabai. Namun, selain membuat masakan lebih menggugah, kehadiran rasa pedas dalam suatu makanan membuat nafsu makan bertambah. Bahkan, ada juga manfaat lain dari cabai untuk kesehatan serta kehidupan manusia.
Beberapa manfaatnya itu, antara lain:
1. Melawan peradangan
Peradangan atau inflamasi mungkin saja terjadi dalam tubuh Anda. Akan tetapi, tanda-tandanya mungkin jarang sekali diketahui. Namun, bila peradangan ini dibiarkan dapat menyebabkan masalah kesehatan lain, seperti penyakit kardiovaskular.
Dalam cabai terdapat kandungan zat antioksidan yang membantu melawan peradangan atau inflamasi yang terdapat dalam tubuh.
2. Umur panjang
Cabai disebut-sebut dapat membuat seseorang berumur panjang. Hal ini diungkapkan dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Harvard dan Pusat Penyakit dan Pencegahan Kontrol Cina. Setelah melakukan analisis, disimpulkan bahwa makanan pedas dapat menurunkan risiko kematian hingga 14 persen.
3. Melawan kanker
Di dalam cabai terdapat zat yang bernama capsaicin. Menurut penelitian, zat ini dapat melawan perkembangan sel kanker prostat dalam tubuh.
4. Mengatur gula darah
Gula darah sering menjadi masalah kesehatan bagi sebagian orang. Dengan mengonsumsi makanan pedas diyakini dapat membantu kadar gula dalam darah terkontrol.
5. Membantu metabolisme sehat
Cabai bisa membantu menyehatkan kembali metabolisme yang mungkin sedang bermasalah.
Namun, meski cabai memiliki beberapa manfaat dalam kehidupan manusia, konsumsilah cabai atau makanan pedas sewajarnya saja. Karena bila berlebihan justru bukan manfaat yang akan didapat malah berbagai penyakit mungkin datang karena konsumsi makanan pedas yang berlebihan.