Caleg Harus Laporkan Dana Untuk Kampanye

Caleg Harus Laporkan Dana Untuk Kampanye

Informasi Terkini – Jakarta – Komisi Pemilihan Umum telah memastikan tidak akan meminta rekening kampanye kepada calon legislator (caleg). KPU telah beralasan hanya berwenang untuk mengaudit rekening pada waktu kampanye partai politik. Husni Kamil Manik yang merupakan Ketua KPU yakin kalau caleg akan melaporkan dengan jujur dana pada waktu mereka melakukan kampanye.

Ketua KPU Husni Kamil Manik mengatakan kalau Asumsi yang kami mereka kembangkan, partai akan mengelola itu dengan sebaik-baiknya. Hal tersebut diungkapkan pada saat ditemui di kompleks parlemen, Senayan, hari Senin, 9 Desember 2013. Dia mengatakan kalau sekarang ini semua partai politik sedang bekerja keras untuk menyiapkan laporan dana kampanye.

Husni menuturkan jika laporan yang dari caleg ke partai bukan hanya berguna untuk caleg yang bersangkutan. Menurutnya, partai juga mempunyai kepentingan dikarenakan akan mengetahui caleg mana yang telah berkontribusi pada proses kampanye. Husni juga mengatakan kalau caleg tidak boleh menerima dana dari pihak yang lainnya, kecuali yang berasal dari dana pribadi ataupun dana partai.

Husni tetap bersikukuh kalau lembaganya tidak diberi kewenangan untuk mengaudit rekening kampanye caleg. Menurutnya, Undang-Undang Pemilu hanya untuk mengatur mengenai audit dana kampanye partai politik. Hanya saja Husni telah mengatakan, kalau penyerahan rekening kampanye partai politik telah menjadi terobosan.

Dia menjelaskan jika partai politiklah yang akan meminta laporan pada waktu kampanye kepada caleg. Menurutnya, awalnya ada caleg yang merasa keberatan dikarenakan harus melaporkan dana kampanyenya. Menurut dari Husni, caleg-caleg yang beralasan pelaporan ini telah menyita waktu. Tetapi, Husni berpendapat kalau pelaporan ini adalah pendidikan untuk partai supaya lebih transparan.