Cara Ketahui Jenis Kulit Dengan Mudah

Dalam merawat kulit wajah, langkah pertama adalah menentukan terlebih dahulu tipe kulit apa yang dimiliki. Hal ini penting karena untuk menentukan jenis produk skincare apa saja yang paling efektif dan tepat untuk Anda gunakan.

Jika selama ini Anda belum yakin dengan tipe kulit maka ada tips untuk mengetahuinya. Caranya, bersihkan wajah dengan facial wash atau sabun pembersih. Kemudian, diamkan wajah dan jangan gunakan produk skincare setelahnya, entah itu toner, pelembap, atau sunscreen. Setelah satu jam berlalu perhatikan kondisi kulit untuk mengetahui tipe kulit Anda.

Kulit berminyak

Kulit berminyak memiliki ciri-ciri yakni ukuran pori-pori yang besar dan di bagian T-zone (dahi, hidung, dagu) cenderung memiliki minyak yang berlebihan. Selain itu, kulit akan mudah mengalami penumpukan minyak di siang hari, kalau tidak yakin coba cek smartphone dan apapun akan mudah mengalami perpindahan minyak tersebut.

Kulit kering

Kulit kering memiliki tanda-tanda terasa kencang setiap saat. Apalagi setelah dibersihkan, kulit akan terasa tidak nyaman dan membutuhkan pelembap tambahan untuk kembali menutrisinya. Di beberapa saat, kulit juga akan mudah mengalami pengelupasan dan retak.

Kulit kombinasi

Nah, ketika kulit mengalami sisi yang berminyak dan bagian lainnya kering itu mungkin Anda memiliki tipe kulit kombinasi. Bagian yang mudah berminyak pada kulit kombinasi ini adalah T-zone dari sekitar garis rambut di bagian dahi.

Kulit normal

Kulit berminyak dan kering bukan berarti memiliki kulit yang tidak normal. Namun, “normal” dalam bahasa perawatan kulit memiliki arti bahwa Anda tidak memiliki masalah yang muncul berulang kali. Kulit normal ini ditandai dengan kelembapan yang terjaga tanpa berminyak atau kering serta permasalahan jerawat tidak mudah muncul.

Nah, kira-kira sudah menemukan mana tipe kulit yang Anda miliki?