Cara Manis Cegah Diabetes

Cara Manis Cegah Diabetes

Informasi Terkini – Di zaman yang serba kekinian, kaum milenial semakin banyak mengeksplorasi beragam makanan hits yang kerap membuat milenial kalap, seperti donat, pisang nugget, cake, hingga minuman manis seperti Thai Tea, Teh Racek, maupun Teh Gopek. Namun di balik rasanya yang enak, ada ancaman diabetes yang dipicu oleh asupan gula berlebih dalam tubuh.

Medical Advisor Kalbe Nutritionals dr. Ervina Hasti W mengatakan ada banyak sekali makanan dan minuman yang dapat meningkatkan risiko diabetes, di antaranya adalah makanan dan minuman manis, tinggi gula, dan berkalori tinggi. Seperti camilan generasi milenial jaman sekarang ini yang sudah banyak beredar.

“Makanan yang dapat menyebabkan diabetes mengandung lemak jenuh dan trans seperti pada daging olahan, makanan yang digoreng atau dipanggang, daging berlemak, mentega. Makanan tersebut tidak sehat bagi tubuh dan dapat meningkatkan kadar kolesterol darah sehingga meningkatkan risiko diabetes,” ujar dr. Ervina.

Bukan hanya berlaku bagi mereka yang belum terkena diabetes, hal ini juga tentunya perlu diperhatikan oleh generasi milenial dengan riwayat keturunan atau bahkan sudah terdiagnosis diabetes. Untuk itu, dr. Ervina menyarankan untuk lebih memperhatikan pola hidup sehat.

Misalnya, pilih makanan sehat, hindari gula atau karbohidrat sederhana. Sebagai gantinya, pilih jenis karbohidrat kompleks yang mengandung serat seperti nasi merah atau roti dari gandum utuh. Tak lupa, ia juga menyarankan untuk selalu memperhatikan label pada kemasan produk sebelum mengonsumsinya. Menghitung jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh juga salah satu cara yang paling efektif agar terhindar dari penyakit diabetes.

Namun, jika ingin mengonsumsi makanan manis, sebaiknya pada waktu tertentu saja, konsumsi sedikit lebih banyak tidak apa-apa, namun ingat, hanya untuk waktu tertentu, dan tidak setiap hari.