Cara Sederhana Sembuhkan Kram Kaki

Asyiknya beraktivitas seringkali membuat kita tidak tersadar terkena kram kaki. Umumnya, kondisi ini disebabkan oleh dehidrasi dan terlalu banyak melangkahkan kaki secara cepat. Tentunya hal ini membuat kaki terasa sakit sehingga kita tidak bisa melanjutkan aktivitas kembali.

Meski begitu, agar kondisi kram kaki segera membaik atasi dengan beberapa hal berikut ini.

1. Lakukan peregangan (stretching)

Sebenarnya peregangan ini sangat disarankan untuk dilakukan sebelum memulai aktivitas. Mengapa? Agar tubuh kita terbiasa melakukan aktivitas yang memerlukan banyak tenaga nantinya. Namun, jika sudah terkena kram kaki kamu juga bisa langsung melakukan sedikit peregangan dengan meluruskan kaki dan menarik jari-jari kaki ke arah lutut. Setelah itu, lakukan pijatan ringan di bagian yang terasa sakit. Cara ini akan membantu meregangkan otot betis.

2. Kompres hangat

Pernah mendengar kalau berendam air hangat dapat membuat tubuh kita rileks? Nah, sama halnya jika kamu mengalami kram kaki. Ketika sakitnya belum mereda kamu bisa mengompresnya dengan air hangat atau rendam kaki ke air hangat selama beberapa menit. Lakukan secara berulang kali agar kram kaki segera mereda.

3. Pastikan minum banyak air putih

Kondisi tubuh yang dehidrasi akan memperparah kram kaki. Untuk itu, sebaiknya selau pastikan minum air banyak setidaknya 8 gelas setiap sehari sesuai dengan anjuran Badan Kesehatan Dunia.

4. Konsumsi lebih banyak magnesium

Jika setelah menggunakan beberapa cara di atas dan kram kaki masih terasa, konsumsilah makanan yang mengandung magnesium, seperti ikan, buah alpukat, biji-bijian, dan lainnya.