Cara Tekan Biaya Pengeluaran Saat Mendekorasi Rumah Dengan Cara Berikut

Cara Tekan Biaya Pengeluaran Saat Mendekorasi Rumah Dengan Cara Berikut

Informasi Terkini – Maksimalkan kemampuan DIY

Salah satu biaya terbesar untuk renovasi rumah biasanya berasal dari ongkos tukang. Jadi inilah saatnya Anda memaksimalkan kemampuan DIY Anda untuk menekan biaya renovasi. Lakukan sendiri pekerjaan-pekerjaan yang tidak memerlukan kemampuan khusus, seperti mengecat, memindahkan barang, membuat rak, dan lain sebagainya. Mintalah bantuan saudara atau teman jika perlu. Atau, Anda juga bisa membayar pekerja paruh waktu yang lebih murah.

Tidak perlu mengganti semua furnitur

Jika Anda ingin menghadirkan suasana baru dengan merenovasi rumah, bukan berarti semua perabot lama harus disingkiran. Meskipun Anda dapat menjual perabot lama, tetap saja biaya yang harus dikeluarkan untuk memmbeli yang baru akan jauh lebih besar. Untuk itu, pilihlah furnitur dan perabot lain yang masih layak untuk disimpan. Pertimbangkan baik-baik, terutama jika barang tersebut memiliki nilai atau kenangan khusus.

Gunakan furnitur bekas

Mengganti furnitur tak harus dengan membeli yang baru. Banyak perabot bekas yang ditawarkan dan masih dalam keadaan baik. Anda pun bisa mencari penjual yang mereka yang ingin melakukan transaksi barter. Namun, Anda harus teliti ketika memilih furnitur bekas agar kondisi barang yang dibeli sebanding dengan harga yang Anda bayar, ya.

Cari alternatif yang lebih terjangkau

Anda mungkin memiliki produk atau merek favorit untuk furnitur, cat tembok, aksesoris rumah, dan lain sebagainya. Namun tak perlu memaksakan diri untuk membeli produk-produk tersebut jika budget yang dimiliki amat terbatas. Carilah alternatif lain yang lebih terjangkau karena meskipun lebih murah, bukan berarti kualitasnya tidak bagus. Misalnya saja produk atau merek yang baru saja dirilis, karena biasanya produk baru akan menawarkan promo atau harga yang lebih murah.

Pikirkan rencana jangka panjang

Walaupun ingin berhemat, Anda tetap harus memikirkan efek jangka panjang dari perabot atau barang-barang lain yang dimiliki. Terkadang Anda memang harus membayar lebih mahal di awal tetapi bisa jauh lebih berhemat di kemudian hari, seperti dengan membeli peralatan elektronik yang lebih hemat energi, perabot yang lebih awet dan mudah dirawat, serta lain sebagainya.