Cegah Infeksi Tenggorokan Di Bulan Puasa

Cegah Infeksi Tenggorokan Di Bulan Puasa

Informasi Terkini – Saat berpuasa tubuh pasti banyak mengalami kekurangan cairan. Hal ini karena saat berpuasa kita lebih banyak untuk menahan hawa nafsu dan dilarang untuk makan dan minum. Sebenarnya, meski berpuasa cairan tubuh bisa terus dipenuhi dengan banyak minum ketika sudah berbuka puasa atau sahur.
Tubuh yang mengalami kekurangan cairan bisa berdampak pada dehidrasi. Hal ini bisa membuat tubuh semakin berisiko terkena infeksi kuman pada rongga mulut seperti sariawan dan sakit tenggorokan.
Ketika seseorang mengalami sakit tenggorokan atau sariawan di bulan puasa pasti sangat tersiksa. Jadi, menjaga kesehatan tenggorokan diperlukan agar ibadah berpuasa bisa berjalan dengan lancar dan maksimal.
Hal ini bisa dilakulan dengan memperhatikan pilihan makanan dan minuman yang dikonsumsi ketika sahur dan berbuka puasa. Sebaiknya menghindari makanan yang digoreng serta berminyak yang dapat memicu infeksi tenggorokan makin menjadi. Selain itu, rajin gargle atau berkumur dengan menggunakan antiseptik yang sesuai dengan tubuh Anda ketika sahur dan sebelum tidur juga diperlukan.
Saat berpuasa memilih makanan dan minuman yang sesuai suhu tubuh normal manusia (37 derajat Celcius) bukan memilih makanan dan minuman yang panas dan dingin. Makanan dan minuman dengan suhu tidak sesuai makin berisiko terkena infeksi tenggorokan