Cegah Stunting Dengan Intervensi Gizi

Cegah Stunting Dengan Intervensi Gizi

Informasi Terkini – Tumbuh kembang anak yang baik tentu sangat dinantikan orangtuanya. Namun, bagaimana kalau pertumbuhan anak menurun sehingga menyebabkan pertumbuhannya secara fisik dan kognitif terganggu?
Kasus menurunnya pertumbuhan anak sudah banyak terjadi di Indonesia. Hal ini bisa terjadi karena adanya beberapa faktor seperti gizi yang diberikan tidak seimbang dan kurangnya kebersihan lingkungan.
Anak yang mengalami pertumbuhan yang gagal bisa mengalami stunting atau kerdil. Hal ini tentu akan menghambat kehidupan dan masa depannya.
Pertumbuhan yang gagal atau penurunan pertumbuhan itu tidak bisa dikembalikan atau irreversible. Sehingga, anak akan mengalami stunting itu selama masa hidupnya atau permanen.
Untuk itu, agar tidak lagi ada kasus stunting dan gagal tumbuh sebagainya pencegahan dengan intervensi gizi perlu dilakukan. Memulainnya dengan pola makan yang sehat dan seimbang bisa mengubah pertumbuhan anak.
Melakukukan pencegahan untuk mencegah penurunan pertumbuhan pada anak ini dilakukan sejak awal kehamilan dan hingga anak berusia dua tahun. Hal ini bisa dilakukan dengan datang ke posyandu secara rutin untuk melakukan pengecekan status gizi dan perkembangan anak.
Selain itu, selalu menjaga pola makan dan hidup di lingkungan yang bersih adalah cara yang terpenting untuk menjaga anak dari penurunan pertumbuhan.