Dapatkah Minyak Esensial Dijadikan Obat Oles Untuk Luka Terbakar ?

Dapatkah Minyak Esensial Dijadikan Obat Oles Untuk Luka Terbakar ?

Informasi Terkini – Sampai saat ini, belum ada penelitian berskala besar yang membuktikan hubungan antara penggunaan minyak esensial dan cara mengatasi kulit terbakar matahari. Namun, banyak penelitian berskala kecil yang telah menunjukkan hasil yang menjanjikan antara dua hal itu.

Sebuah penelitian dari Journal of Pediatric Nursing melakukan penelitian terhadap dua gadis dengan luka bakar, riwayat medis dan mendapatkan perawatan, tapi salah satu gadis tersebut diberi campuran minyak esensial sebagai pengobatannya. Gadis yang menerima perawatan minyak esensial tersebut hanya mengembangkan satu infeksi yang di dapat di rumah sakit. Sedangkan satu gadis lainnya mengembagkan dua infeksi di aliran darahnya dan empat infeksi yang di dapat di rumah sakit. Gadis yang menerima perawatan minyak esensial juga tetap berada di unit perawatan intensif selama kurang lebih satu hari dan di rumah sakit empat hari kurang dari gadis lainnya.

Meskipun penelitian tersebut sudah memberikan bukti terkait manfaat minyak esensial untuk mengatasi kulit terbakar matahari, tapi masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memperkuat bukti yang sudah ada ini.

Meskipun minyak esensial diyakini bisa mengatasi masalah kulit, Anda tidak boleh langsung mengoleskannya ke kulit atau area tubuh mana pun. Ini karena minyak esensial biasanya sangat pekat dan sifatnya cukup keras.

Untuk menggunakannya, campurkan dulu beberapa tetes minyak ke dalam air hangat. Kemudian, Anda bisa mencelupkan kain lembut atau handuk ke dalam air tersebut dan kompres ke kulit yang sakit. Bisa juga Anda membasuh kulit yang terbakar matahari dengan air yang sudah dicampurkan minyak esensial.

Minyak esensial ini tidak boleh dioleskan pada daerah kulit sekitar alat kelamin, kelopak mata, mulut, atau payudara.