Daun Mengkudu Ternyata Bermanfaat Untuk Kesehatan Tubuh

Daun Mengkudu Ternyata Bermanfaat Untuk Kesehatan Tubuh

Informasi Terkini – Tahukah Anda daun mengkudu dapat digunakan untuk menambah kelezatan masakan? Meski memiliki buah yang baunya kurang sedap tetapi daun mengkudu justru memiliki aroma yang lebih baik. Menurut William Wongso, seorang pakar kuliner mengatakan bahwa daun mengkudu memiliki tekstur serta aroma yang mirip dengan rumput laut.
Saat Anda kehabisan stok rumput laut Anda direkomendasikan untuk mengganti dengan daun mengkudu ini.
Selain itu, ketika memasak nasi goreng, daun mengkudu bisa ditambahkan dalam nasi goreng dengan cara diiris dan dirajang halus. Jangan lupa hilangkan bagian tulang daun yang ada pada tengah daun mengkudu agar tidak ikut dimakan.
Namun, sebenarnya apa manfaat dari daun mengkudu itu sendiri. Anda bisa menyimaknya dari ulasan di bawah ini:
1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Mengkonsumsi daun mengkudu dapat membuat makrofag dalam tubuh menjadi aktif sehingga dapat menghasilkan limfosit yang lebih banyak yang kemudian merangsang sistem kekebalan tubuh yang meningkat. Dengan begitu, tubuh Anda tidak akan mudah terkena penyebaran penyakit.
2. Memiliki efek menenangkan
Saat mengkonsumsi daun mengkudu, tubuh bisa merasakan efek menenangkan karena hormon serotonin dan melatonin semakin meningkat karena dari mengkudu ini.
3. Anti-kanker
Dalam daun mengkudu terdapat zat yang bernama oksida nitrat yang memiliki sifat anti-kanker sehingga mencegah terjadinya penyebaran kanker dalam tubuh.
4. Mencegah radikal bebas
Dalam daun mengkudu juga terdapat kandungan fitonutrien, selenium dan vitamin C yang membantu mencegah radikal bebas masuk pada kulit tubuh.
5. Menyerap kolesterol
Kolesterol yang berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan. Dengan mengonsumsi daun mengkudu jumlah kolesterol yang terlalu banyak dalam tubuh bisa terserap dan kembali normal.
6. Membuat otak aktif
Karena kolesterol jahat yang sudah diserap oleh daun mengkudu hal ini membuat pembuluh darah menjadi terbebas dari penumpukan kolesterol sehingga membuat pasokan darah yang berisi nutrisi dan oksigen ke otak kembali bekerja. Hal ini merangsang otak untuk tetap aktif.
7. Menjaga kesehatan pencernaan
Karena kandungan serat larut yang ada dalam mengkudu cukup tinggi membuat sistem pencernaan selalu sehat dan untuk mencegah terjadinya masalah pencernaan.