Daun Pandan Juga Kaya Manfaat, Ini Diantaranya

Sering dijadikan sebagai perasa atau pewarna makanan, daun pandan juga memiliki manfaat yang cukup unik. Kandungan didalamnya mampu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan, Anda bisa menggunakannya sebagai obat herbal alami yang mengatasi kanker. Agar tak penasaran, berikut ini manfaat lain dari daun pandan.

Mengatasi Nyeri dan Radang
Kandungan analgetik pada daun pandan juga dapat bermanfaat untuk menyembuhkan rasa nyeri dan radang. Bisanya, dikonsumsi dengan campuran teh untuk mengatasi semua jenis nyeri.

Rematik dan Pegal Linu
Rematik dan pegal linu juga bisa diatasi dengan mengonsumsi daun pandan. Caranya cukup simpel. Rebus 3 lembar daun pandan segar dan wangi dan setengah cangkir minyak kelapa. Setelah itu, dinginkan dan gosokkan pada tubuh yang sakit.

Mengatasi Rambut Rontok Dan Ketombe
Lidah biaya memang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan rambut. Tak hanya lidah buaya saja, daun pandan wangi juga bisa menutrisi kulit rambut dan mencegah rambut rontok serta ketombe. Cara penggunaanya, tumbuk beberapa lembar daun pandan dan oles pada kulit kepala.

Menghitamkan Rambut
Daun pandan juga bisa menghitamkan rambut kamu. Caranya juga cukup simpel. Rebus 7 lembar daun pandan dengan 1 liter air dan embun kan selama semalam an. Setelah itu, campurkan dengan air perasan buah mengkudu yang matang. Lalu, kamu bisa mencuci rambut mu agar rambut kelihatan hitam pekat.