Deretan Lagu Hits Ciptaan Kim Hanbin Yang Patut Anda Dengar

Deretan Lagu Hits Ciptaan Kim Hanbin Yang Patut Anda Dengar

Informasi Terkini – Kim Han-bin bukanlah nama yang asing di industri musik Korea. Pria yang lebih dikenal dengan nama panggung B.I ini merupakan mantan leader grup hiphop terkenal Korea Selatan, iKON. Tak hanya berperan sebagai leader dan anggota, B.I juga terkenal sebagai sosok yang berpengaruh dalam proses produksi sebagian besar lagu iKON. Ia dikenal memiliki talenta besar karena meskipun usianya belum genap 25 tahun, pria ini telah berpartisipasi dalam produksi 28 lagu.

B.I tak hanya menggarap lagu-lagu untuk grup yang ia gawangi, tapi juga untuk grup-grup yang berada di bawah manajemen yang sama dengan iKON, yakni YG Entertainment. Talenta ini bukan datang dengan sendirinya karena ia telah bergabung dengan YG Entertainment sebagai trainee sejak ia berusia 12 tahun. Sebagai trainee, ia ditempa tak hanya untuk menjadi rapper dan dancer, ternyata ia juga belajar menjadi penulis lagu. 10 tahun berkecimpung di dunia musik membuat Hanbin lebih banyak menghabiskan waktu di asrama iKON dan studio musik. Lantas apa saja lagu hits yang ditulis oleh B.I?

1. Empty – WINNER

Lagu yang ia tulis saat berusia 18 tahun ini merupakan hasil kolaborasinya bersama Bobby. Bercerita tentang rasa kosong setelah perpisahan dengan pasangan, inspirasi untuk lagu ini muncul setelah iKON yang kala itu masih disebut sebagai Team B, kalah dari Team A yang berisi anggota WINNER pada acara reality survival WIN: Who is Next. Meski harus menelan pahitnya kekalahan dan menunda debut, berkat kedekatan seluruh trainee YG yang bergabung di WIN saat itu, B.I dan Bobby menghadiahkan lagu ini pada WINNER. Dirilis pada tahun 2014, lagu ini dengan cepat merajai tangga lagu nasional pada debut WINNER.

2. Airplane – iKON

Debut di tahun 2015, tepatnya setahun setelah WINNER, iKON hadir dengan nuansa hiphop yang kental. Namun selain menonjolkan citra yang energik, mereka juga menunjukkan sisi sentimental dengan memasukkan lagu-lagu ballad ke dalam album debut mereka, Welcome Back. Airplane menjadi salah satu lagu ballad iKON yang paling terkenal semenjak debut. Lagu ini bercerita tentang permintaan seorang pria pada kekasihnya agar tidak masuk ke dalam pesawat dan meninggalkannya. Kental dengan nuansa pop, Airplane berhasil memberikan warna lain pada genre hiphop yang diusung iKON.

3. Born Hater – EPIK HIGH

Diluncurkan pada bulan Oktober lebih dari 4 tahun lalu, lagu ini dengan cepat menuai popularitas karena merupakan kolaborasi EPIK HIGH dengan rapper-rapper ternama Korea Selatan seperti Beenzino, Verbal Jint, Bobby, B.I, dan Mino. Lagu yang penuh makian dalam bahasa Inggris ini ditujukan untuk para warganet yang membenci rapper serta melekatkan berbagai stigma dan prasangka buruk pada dunia hiphop. B.I sendiri tidak sendirian saat memproduksi lagu ini, ia berkolaborasi dengan EPIK HIGH yang kala itu masih berada di bawah naungan YG Entertainment.

4. Whistle – BLACKPINK

Siapa sangka bahwa salah satu lagu hits dari BLACKPINK ini juga ditulis oleh B.I? Dirilis pada tahun 2017, lagu ini lebih dikenal sebagai ciptaan Teddy. Namun pada kenyataannya, B.I juga turut berpartisipasi dalam penulisan lirik bersama Teddy dan Bekuh Boom. Dengan sifat B.I yang perfeksionis dalam menciptakan lagu, tak heran jika ia dipercaya untuk membantu produksi lagu dari grup teranyar YG Entertainment ini.

5. Love Scenario – iKON

Dirilis di dalam album kedua iKON, B.I terlibat penuh sebagai penulis lirik sekaligus komposer lagu ini dengan bantuan Bobby dan Millenium. Lagu ini berhasil memenangkan penghargaan sebagai Song of the Year pada beberapa ajang penghargaan musik terkenal Korea, seperti Melon Music Awards dan Golden Disc Awards ke-33 tahun lalu sekaligus melejitkan nama iKON secara global. Tak hanya itu, B.I juga memperoleh gelar sebagai Best Song Writer di ajang Melon Music Awards 2018. B.I sendiri mengaku bahwa ia mendapatkan inspirasi untuk lagu ini dari film La La Land.