Diet, Clean Eating, Vegetarian. Apa Beda Dari Istilah-Istilah Terkait Pola Makan Ini?

Diet, Clean Eating, Vegetarian. Apa Beda Dari Istilah-Istilah Terkait Pola Makan Ini?

Informasi Terkini – "Saya mau hidup lebih sehat!” Beginilah ucapan yang sering saya dengar dari teman saya (dan juga saya sendiri sih…). Gaya hidup sehat memang harusnya sudah dimulai sejak dini, namun kalau baru ‘terpikir’ akhir-akhir ini, sebenarnya tak ada salahnya untuk mulai digiatkan. Better late than never kan? Nah, gaya hidup sehat bagi para ‘pemula’ biasanya diawali dengan mulai rutin berolahraga dan menerapkan pola makan yang baik. Ketika tengah mencari tahu tentang pola makan sehat, Anda pastinya sering menemukan istilah-istilah yang mungkin asing di telinga Anda. Ada istilah diet, clean eating, vegetarian, hingga vegan. Apa sih beda dari beberapa istilah ini?

1. Diet

Ketika mendengar kata ‘diet’, banyak orang yang langsung membayangkan porsi makan yang sedikit, menu yang isinya sayur mayur dan buah, kelaparan di sore hari, hingga rasa lemas demi tubuh yang lebih kurus. Ups, diet bukanlah seperti ini! Diet sebenarnya mengacu pada ‘pola makan’ bukan ‘mengurangi makan’. Contoh mudahnya adalah jika Anda sedang diet gula. Untuk sehari-hari, Anda memangkas asupan gula lebih banyak dari sebelum Anda diet. Contoh lainnya, Anda sedang mencoba diet keto. Ini artinya Anda sedang menjalani pola makan rendah karbohidrat dan tinggi lemak agar tubuh masuk dalam fase ketosis. Jadi, diet bukannya istilah yang ‘mengerikan’ seperti yang Anda kira ya….

2. Clean Eating

Cara ini saya gunakan di masa awal saya ingin memulai hidup sehat. Untuk yang biasa makan bebas, rasanya pasti susah beradaptasi jika Anda tiba-tiba beralih ke diet mayo atau menjadi vegetarian. Bisa-bisa, Anda malah semakin kalap karena banyak hal yang dipangkas secara mendadak. Clean eating bisa jadi solusinya. Sesuai artinya, clean eating adalah pola makan dengan konsep kembali ke dasar sehingga makanan yang Anda santap tak terlalu banyak tambahannya. Tak ada pantangan ketika menjalankan clean eating. Menu clean eating biasanya sangat rendah gula dan garam (tak dipangkas sehingga makanan masih ada rasanya), serta tak diproses secara berlebihan. Hal ini menjadikan makanan terasa lebih alami seperti yang dikonsumsi orang-orang dulu. Lebih bersih dan simpel.

3. Vegetarian

Kalau istilah yang ini, Anda mungkin juga sering mendengarnya. Vegetarian adalah diet yang memangkas asupan daging dalam menu makanannya. Daging ini bisa berarti daging ayam, daging sapi, hingga daging ikan. Ada yang tetap mengonsumsi telur dan susu hewani, namun ada juga yang sama sekali menghindari dua hal ini. Karena tak mengonsumsi daging sama sekali, Anda yang menjalani tipe diet ini diharuskan mencari sumber protein, zat besi, kalsium, dan vitamin B12 lain. Nutrisi ini biasanya banyak ditemukan pada daging-dagingan. Kalau yang masih mengonsumsi telur dan susu, mereka masih ‘aman’.

4. Vegan

Berbeda dengan vegetarian, vegan cenderung lebih ekstrem lagi untuk urusan produk hewani. Jika masih ada vegetarian yang mengonsumsi susu dan telur, hal ini tidak berlaku bagi vegan. Segala produk hewani sama sekali tidak dikonsumsi, termasuk madu sekalipun. Vegan biasanya dikaitkan dengan gaya hidup, karena biasanya mereka juga tidak mau menggunakan benda apapun yang dibuat dari hewan, seperti baju wol, sofa kulit, atau sarung bantal sutra.