Duduk Menyilangkan Kaki Ternyata Tak Baik Untuk Kesehatan, Lho!

Duduk Menyilangkan Kaki Ternyata Tak Baik Untuk Kesehatan, Lho!

Informasi Terkini – Bahaya Duduk Menyilangkan Kaki

Dalam satu hari, hampir separuh waktu kebanyakan orang dihabiskan untuk duduk. Mulai dari duduk dalam perjalanan ke kantor atau kelas, duduk saat bekerja atau belajar, duduk saat makan, hingga duduk saat nongkrong bersama teman-teman. Bahkan kebanyakan wanita kerap duduk dengan posisi menyilangkan kaki. Well, mungkin kini waktunya Anda mengubah kebiasaan tersebut. Dilansir dari HealthLine, sebuah studi dalam Journal of Clinical Nursing menyebutkan bahwa meletakkan satu kaki di atas kaki lainnya dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah, di mana peningkatkan ini tidak terjadi apabila Anda duduk tanpa menyilangkan kaki atau hanya menyilangkan pergelangan kaki saja.

Dalam studi lainnya yang diterbitkan oleh Journal of Hypertension, bahkan menyilangkan kaki dengan meletakkan pergelangan kaki pada lutut dalam jangka waktu lama pun menyebabkan peningkatan pada tekanan darah. Kedua studi tersebut menunjukkan bahwa peningkatan tekanan darah bersifat sementara, namun apabila Anda memiliki masalah tekanan darah tinggi sebelumnya, mungkin sebaiknya Anda menghindari duduk dengan posisi menyilangkan kaki dalam waktu yang lama

Tak hanya itu saja, duduk menyilangkan kaki dalam waktu yang lama juga akan membuat panggul Anda untuk terus menerus berada dalam posisi miring, sehingga dapat menyebabkan rasa nyeri pada bagian bawah punggung. Apabila hal ini terjadi berkepanjangan, kebiasaan ini dapat menyebabkan masalah pada tulang belakang dan mempengaruhi postur tubuh Anda.

Terdapat beberapa anggapan bahwa duduk menyilangkan kaki dapat menyebabkan varicose veins yang memperjelas bentuk urat dan dapat terasa mengganggu penampilan. Namun, anggapan ini tidaklah benar. Baik duduk menyilangkan kaki, duduk bersila, maupun berdiri dalam periode waktu yang lama dapat memperbesar risiko terjadinya varicose veins, dan tidak ada data signifikan yang menunjukkan bahwa posisi duduk menyilangkan kaki menjadi penyebab utamanya. Untuk menghindari varicose veins, usahakan untuk mengganti posisi duduk Anda secara berkala.

Kesimpulannya, duduk dengan menyilangkan kaki tidak akan menyebabkan masalah besar pada kesehatan, selama Anda tidak melakukannya terus menerus dalam jangka waktu yang lama. Duduk dengan posisi ala puteri kerajaan pun tidak serta-merta menjadi solusinya. Untuk menghindari terjadinya masalah kesehatan, lebih baik kurangi gaya hidup sedentari dan usahakan untuk lebih banyak bergerak alih-alih berdiam dalam 1 posisi berlama-lama, ya!