Efek Positif Rendam Air Hangat Menurut Studi Penelitian

Efek Positif Rendam Air Hangat Menurut Studi Penelitian

Informasi Terkini – Berendam di air hangat sudah dipercaya sejak dahulu untuk menghilangkan berbagai masalah kesehatan serta bermanfaat untuk tubuh tentunya. Seperti penelitian yang dilakukan oleh Loughborough University mengungkapkan manfaat berendam air hangat bagi kesehatan tubuh manusia.
Dalam penelitian tersebut dapat 10 pria yang akan dianalisis. Sebelumnya, pria ini jarang bahkan tidak pernah melakukan olahraga. Mereka juga mengalami obesitas.
Ketika tergabung dalam penelitian ini, pria-pria tersebut diminta untuk berendam air hangat dengan suhu 38 derajat celcius. Setelah tahap berendam selesai, mereka kemudian dianalisis.
Para peneliti menemukan mereka yang mandi atau berendam dengan air hangat memiliki peningkatan pada kadar unsur kimia IL-6. Unsur kimia ini biasanya juga mengalami peningkatan saat anda melakukan aktivitas fisik atau berolahraga.
Dari hal ini dapat disimpulkan bahwa berendam dengan air hangat bisa menimbulkan efek positif seperti ketika berolahraga.
Penelitian yang sudah dipublikasikan dalam Journal of Applied Physiology ini juga menyimpulkan bahwa berendam dengan air hangat dapat mengatasi berbagai macam permasalahan kesehatan. Diyakini merendam tubuh pada air hangat dalam beberapa saat membantu untuk mengatasi inflamasi, menurunkan kadar gula dalam darah, merilekskan pembuluh darah, menurunkan tekanan darah dan menurunkan gula darah sehingga baik bagi penderita diabetes.
Selain itu, mandi air hangat juga bisa membuat peradangan yang mungkin ada pada tubuh bisa berkurang.
Dari hasil penelitian ini bisa menjadikan solusi bagi mereka yang sulit untuk melakukan olahraga tetapi ingin memiliki berat badan yang normal dan sehat. Anda bisa melakukannya dengan banyak merendam tubuh dengan air hangat.