Fakta Unik Filipina

Fakta Unik Filipina

Informasi Terkini – Filipina atau Republik Filipina adalah sebuah negara republik di Asia Tenggara, sebelah utara Indonesia, dan Malaysia. Filipina merupakan sebuah negara kepulauan yang terletak di Lingkar Pasifik Barat, negara ini terdiri dari 7.641 pulau.

Filipina juga memiliki destinasi wisata yang cantik.

Seperti Cebu, Boracay, Banaue Rice Terrace, El Nido, dan masih banyak lagi.

Sebelum berkunjung ke Filipina, ada baiknya traveler mengetahui beberapa fakta unik tentang negara tersebut.

Sebagaimana dirangkum TribunTravel.com dari laman The Culture Trip berikut.

1. Orang Filipina adalah penggemar fanatik tinju dan kontes kecantikan

Orang Filipina sangat bangga dengan Manny Pacquiao, dan, selama puncak pertandingannya dengan para pegulat Meksiko, semua orang begitu terpaku pada TV.

Di samping tinju, orang Filipina sangat menggemari kontes kecantikan, dan ratu kecantikan setempat adalah satu di antara kandidat ratu kecantikan dunia terbaik.

2. Letusan Gunung Pinatubo adalah letusan terbesar kedua selama abad ke-20.

Gunung berapi di Luzon Tengah ini meletus pada 15 Juni 1991, yang menyebabkan evakuasi lebih dari 200.000 orang dan menggusur 5.000 penduduk asli yang masih bersifat nomaden.

Letusan dahsyat dengan semburan lumpur mengubur desa-desa, menjadikannya letusan terbesar di daerah yang sangat padat penduduknya.
Gunung Pinatubo mengeluarkan 20 juta ton sulfur dioksida yang menyebabkan suhu Bumi pada 1991-1993 turun sekitar satu derajat Fahrenheit atau -17 derajat Celsius.

3. Nama Filipina berasal dari nama Raja Spanyol

Ketika penjelajah Spanyolm Ruy Lopez de Villalobos pertama kali datang ke wilayah Filipina, ia menamai pulau itu untuk menghormati Pangeran Felipe dari Asturias sebagai “Las Islas de Filipinas.”
Pangeran Felipe akhirnya menjadi Raja Felipe II, dan, selama masa pemerintahannya, Spanyol mencapai masa kejayaan.

Ketika orang Amerika datang, mereka mengganti namanya menjadi Philippines, dengan "Philip” sebagai padanan bahasa Inggris untuk "Felipe.”