Fakta Unik Negara Amerika Serikat

Fakta Unik Negara Amerika Serikat

Informasi Terkini – 1. Bendera Amerika

Penggunaan bendera Amerika dilihat sedikit tidak biasa dengan kebanyakan negara lain. Umumnya bendera negara dipasang/digunakan untuk menandai bangunan pemerintahan atau bangunan resmi lainnya dari suatu negara. Namun di Amerika bendera ini biasa ditemui di restoran cepat saji, di halaman rumah, didalam rumah-rumah. Bahkan bendera ini pun tercetak dalam segala jenis barang-barang seperti baju, bantal, sprei, mug dan benda-benda lainnya yang dapat dibawa kemana-mana.

Hal ini seakan menjelaskan bahwa orang Amerika sangat cinta dengan bendera tersebut. Sehingga saat benda-benda tersebut dibawa kemanapun orang Amerika berada, mereka akan tetap membawa identitas negaranya bahkan diujung dunia sekalipun.

Selain tercetak di berbagai benda, bendera ini juga ada dan terpancang di bulan. Faktanya ada 6 bendera Amerika Serikat di bulan saat pendaratan pesawat Apollo, tidak diketahui apakah semua bendera tersebut masih berdiri disana atau tidak, tapi keadaan bendera yang tersisa terlihat sangat memudar menjadi putih akibat dari paparan radiasi matahari.

2. Orang Amerika yang mendarat di bulan

Tidak ada satu negara pun manusia yang pernah ke bulan selain Amerika, sebagaimana misi dari komandan Apollo 11, Neil Armstrong memberikan langkah pertamanya pada 20 juli 1969, sehingga dia diakui sebagai orang pertama yang mendarat di bulan.

Sebanyak 11 astronot Amerika lainnya melalui 6 pendaratan Apollo di bulan telah ‘menyusul’ untuk menapakkan kakinya di bulan. Jika Armstrong adalah yg pertama, maka tak banyak orang yang tahu siapa yang terakhir mendarat di bulan, orang tersebut adalah komandan dari Apollo 17, Eugene Cernan.

Dia meninggalkan bulan pada 14 Desember 1972 dan berkata "aku memberikan langkah terakhir manusia di bulan, aku pulang untuk kembali sewaktu-waktu”.
3. Yang terbesar dari Great Lakes

Great Lakes adalah kelompok danau-danau besar yang ada di perbatasan Amerika Serikat dan Kanada. Orang Amerika tahu betul bahwa Danau Superior adalah yang terbesar dibandingkan dengan kelompok Great Lakes lainnya.

Penduduk asli Amerika Ojibwe menamai danau tersebut Gitchi-Gami, tapi apapun panggilannya danau ini adalah danau air tawar terbesar di dunia, luas area permukaannya adalah 31.700 mil2 atau 82.100 km persegi, kira-kira seukuran dengan wilayah Carolina Utara atau Skotlandia. Volume danau ini adalah 2.900 mil3 atau 12.088 kilometer kubik.

Danau Superior cukup besar untuk menutup seluruh wilayah Amerika Utara dan Selatan jika air itu setinggi kaki. Amerika membagi wilayah danau ini secara resmi dengan Kanada semenjak Danau Superior berada di sepanjang kedua negara tersebut.
4. Museum yang sering dikunjungi

Ada dua museum yang dinilai paling sering dikunjungi di Amerika, yaitu The Smithsonian National Air and Space Museum di Washington DC yang merupakan museum yang menampilkan benda-benda yang berhubungan dengan aviasi dan ruang angkasa terbesar di dunia. Di dalam museum itu juga menampilkan Wright Flyer dan modul perintah dari Apollo 11 (pesawat yang mendarat di bulan untuk pertama kalinya) dan orang yang mengendalikan pesawat itu adalah Neil Armstrong, manusia pertama yang mendarat di bulan.

Museum yang kedua adalah New York’s Metropolitan Museum of Art. Museum ini memiliki lebih dari 2 juta karya dari beberapa seniman ternama di dunia seperti Monet, Rembrandt, Renoir, Van Gogh, Picasso dan banyak lagi.

Kedua museum ini memilki sekitar 7 juta pengunjung pada 2017 sehingga membuatnya masuk dalam daftar museum yang paling banyak dikunjungi di dunia dan menduduki peringkat ke 3, peringkat kedua adalah National Museum Of China di Beijing sedangkan nomor satu adalah Louvre di Paris.
5. Minuman favorit orang Amerika
Kebanyakan orang akan menilai jika minuman favorit orang Amerika adalah soda. Namun hal itu tidaklah benar, meski minuman soda adalah pilihan top orang Amerika, tapi yang paling disukai adalah air minum botol. Air adalah sesuatu yang dapat kamu minum dengan gratis namun untuk saat ini perlu untuk membeli.