Faktor-Faktor Yang Bisa Jadi Penyebab Anda Lapar Saat Bangun Tidur

Faktor-Faktor Yang Bisa Jadi Penyebab Anda Lapar Saat Bangun Tidur

Informasi Terkini – Setelah beraktivitas seharian, energi tubuh pasti akan terkuras habis. Kalau sudah begini, biasanya perut akan terasa lapar karena tubuh kembali membutuhkan asupan energi. Lalu, pernahkah Anda pernah mengalami rasa lapar berlebihan saat bangun tidur? Ternyata, ada beberapa hal yang menyebabkan timbulnya rasa lapar berlebihan saat bangun tidur. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Premenstrual Syndrome (PMS)

Tak hanya bikin moody dan breakout, PMS juga bisa bikin kita mengalami lapar berlebihan, lho! Tingginya kadar progesteron adalah penyebab seseorang mengalami mood swing saat PMS. Untuk mencegah terganggunya mood, tubuh butuh meningkatkan kadar dopamin di otak. Nah, salah satu asupan yang dapat meningkatkan dopamin adalah karbohidrat dan gula. Inilah yang membuat kita kerap ngidam makanan manis saat PMS.

2. Makan Berlebih Sebelum Tidur

Jam makan malam yang terlalu berdekatan dengan jam tidur adalah salah satu penyebab Anda terbangun dengan rasa lapar yang berlebihan. Konsumsi makanan mendekati jam tidur akan meningkatkan gula darah. Saat gula darah meningkat, tubuh kita akan mengeluarkan hormon insulin yang berfungsi untuk menyerap gula darah. Akibatnya, kadar gula darah pun menurun dan menyebabkan kira merasa lapar saat bangun tidur. Untuk mencegah hal ini, beri jarak minimal tiga jam antara waktu makan dan waktu tidur. Atau, Anda juga bisa mengganti camilan sebelum tidur dengan snack kaya protein dan rendah gula.

3. Tidur Tidak Berkualitas

Tidur kurang nyenyak dan sering terbangun di malam hari? Ini juga dapat menjadi penyebab rasa lapar berlebihan di pagi hari. Saat tidur kurang berkualitas, kadar ghrelin atau hormon yang bertanggung jawab menimbulkan rasa lapar di tubuh kita akan meningkat. Efek ini tidak bersifat instan dan baru bisa Anda rasakan jika sudah beberapa hari mengalami kurang tidur.

4. Rasa Haus

Sebelum memutuskan untuk makan, coba pastikan dulu bahwa yang Anda rasakan adalah benar rasa lapar. Pasalnya, tubuh lesu juga dapat disebabkan oleh dehidrasi. Untuk memastikan Anda benar-benar lapar, coba untuk minum 1-2 gelas air putih saat bangun tidur dan tunggu selama beberapa menit untuk melihat apakah rasa lapar tersebut masih terasa.

5. Stres

Saat tubuh dan pikiran mengalami stres, seseorang cenderung lebih mudah lapar. Hal ini disebabkan oleh peningkatan hormon kortisol yang membuat nafsu makan dan rasa lapar meningkat. Untuk mengatasinya, Anda harus mengurangi tingkat stres dengan cara melakukan meditasi, yoga, atau latihan pernapasan.