Faktor Yang Bisa Menyebabkan Kulit Wajah Mendadak Berminyak

Faktor Yang Bisa Menyebabkan Kulit Wajah Mendadak Berminyak

Informasi Terkini – Belakangan ini, kulit kok terasa berminyak ya? Padahal, selama ini selalu memiliki jenis kulit normal.

Sedang berada di situasi serupa? Banyak yang belum tahu, kulit kita bersifat dinamis yang artinya selalu mengalami perubahan. Selain dapat mengalami perubahan tekstur dan warna, jenis kulit juga bisa mengalami perubahan. Misalnya saat kulit yang dulunya terbilang normal berubah menjadi berminyak. Lantas, sebenarnya apa saja sih faktor yang dapat menyebabkan kulit wajah mendadak berminyak?

1. Salah pilih produk

Jika sebelumnya Anda memiliki kulit yang normal lalu tiba-tiba berubah menjadi lebih berminyak, produk kosmetik yang Anda gunakan bisa menjadi penyebabnya. Misalnya untuk pelembap, kemungkinannya ada dua: antara produk yang Anda gunakan kurang melembapkan atau justru terlalu melembapkan hingga meninggalkan residu minyak pada wajah. Untuk mencegah hal ini terjadi, pastikan Anda menggunakan produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit, ya!

2. Kurang hidrasi

Memastikan tubuh dan kulit mendapat hidrasi yang cukup adalah salah satu kunci untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Jika Anda tidak memberikan hidrasi yang cukup bagi kulit, baik itu dari dalam maupun dari luar, kulit pun akan menjadi kering. Nah, saat kulit berada di kondisi yang kering, kelenjar minyak akan aktif dan memproduksi minyak dalam jumlah yang banyak. Maka itu, pastikan untuk terus menjaga hidrasi kulit dengan baik, ya!

3. Konsumsi gula berlebih

Saat sadar kalau kulit wajah mendadak berminyak, coba ingat-ingat lagi apakah Anda mengonsumsi makanan dengan kandungan gula dalam jumlah berlebihan? Jika ya, hal ini bisa menjadi salah satu penyebabnya. Meningkatnya asupan gula akan meningkatkan produksi androgen pada tubuh yang dapat berujung dengan produksi minyak berlebih di kulit. Mulai kurangi konsumsi gula dan beralihlah ke pemanis yang sifatnya alami.

4. Rutinitas skin care yang terlalu intens

Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, termasuk juga rutinitas skin care yang berlebihan. Menggunakan terlalu banyak produk dalam satu rutinitas skin care akan bersifat terlalu keras bagi kulit dan dapat berujung dengan terjadinya iritasi. Nah, saat mengalami iritasi, kelenjar minyak pada kulit akan memproduksi lebih banyak minyak guna menenangkan kulit. Inilah yang menyebabkan kulit wajah terasa lebih berminyak.

5. Perubahan hormon

Hormon bisa dibilang bertanggung jawab atas banyak hal yang terjadi pada diri Anda, mulai dari perubahan fisik hingga perubahan mood. Nah, salah satu bagian tubuh yang dapat mengalami perubahan akibat hormon adalah kulit. Saat hormon menjadi tidak seimbang, baik itu karena diet, berolahraga, atau menstruasi, secara otomatis akan turut mengaktifkan kelenjar minyak pada kulit dan menyebabkan produksi sebum berlebih pada kulit. Pastikan Anda menggunakan produk yang diformulasikan untuk mengatasi sebum agar kulit tidak mengalami breakout, ya.